Kamis, Desember 3, 2020
Beranda Berita Nasional Berita Pemilu Quick Count Pilpres 2014 Dilarang Disiarkan TV Sebelum Pukul 13.00

Quick Count Pilpres 2014 Dilarang Disiarkan TV Sebelum Pukul 13.00

RANCAH POST – Pilpres 2014 digelar hari ini Rabu, 9 Juli 2014, bangsa Indonesia akan menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin Indonesia yang ke-7 dari kedua kandidat capres dan cawapres yaitu Prabowo – Hatta Rajasa di nomor urut 1 atau Jokowi – Jusuf Kalla di nomor urut 2. Acara pemungutan suara ini akan digelar serentak di tanah air.

Karena Indonesia memiliki tiga daerah waktu yang berbeda pemungutan suara akan dilaksanakan pukul 13.00 di wilayah waktu masing-masing. Tak hanya KPU dan para penyelenggara di bilik suara yang melakukan penghitungan manual secara resmi. Beberapa lembaga survey juga turut menggelar hitung cepat atau Quick Count. Stasiun-stasiun TV juga turut akan menyiarkan secara langsung Quick Count atau hitung cepat beberapa lembaga survey ke publik.

Menanggapi hal tersebut Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengimbau media untuk mempertahankan independensinya selama menyiarkan berita pemilu. KPI juga melarang stasiun-stasiun TV menyiarkan hasil hitung cepat mereka sebelum jam 13.00 WIB. Karena Quick Count dapat memberi gambaran kepada para pendukung capres cawapres dan rakyat Indonesia maka penayangannya hendaknya tidak mengganggu penyelenggaraan pemilu ketika tengah dilakukan.

Penegasan itu dilakukan oleh Ketua KPI Indi Muzzayat di Jakarta, Jumat (4/72014) pekan lalu. Berkaitan dngan hal itu, dirinya juga memberikan penilaian bahwa pada periode pilpres ini iklan politik yang ada di televisi lebih tertib dibandingkan saat menjelang pemilu legistlatif kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here