RANCAH POST – Persaingan antara smartphone mini flagship sedang memanas dengan hadirnya Samsung Galaxy S5 Mini, yang akan terang-terangan bersaing head-to-head dengan HTC One Mini 2.

Samsung Electronics mengumumkan Galaxy Mini S5 pada Selasa, kemarin. Sementara HTC One Mini 2 merupakan perangkat yang memberikan pilihan untuk pembeli yang tidak mampu membayar versi besar atau tidak ingin layar yang sangat besar sebagai  alternatif. Berikut perbandingan spesifikasi antara Samsung Galaxy S5 Mini dengan HTC One Mini 2 :

Prosesor
HTC One Mini 2 ini dibesut prosesor Snapdragon prosesor 400 1,2 GHz quad-core, sedangkan Galaxy S5 Mini didukung oleh prosesor quad-core yang tidak ditentukan tapi dipastikan berjalan pada 1.4GHz. Perbedaan clock speed ini tidak akan membuat perbedaan di dunia nyata.

Layar
Samsung dan HTC sama-sama memiliki layar 4,5 inci dengan resolusi 1280 x 720 pixel. Galaxy S5 layar mini menggunakan teknologi layar Super AMOLED, sementara One Mini 2 menggunakan teknologi layar Super LCD2.

Desain
Di sinilah One Mini 2 patut dibanggakan, berkat sasis aluminium. Desain smartphone dan tablet Samsung telah banyak dibahas akhir-akhir ini, jika perusahaan harus menggunakan sumber daya yang sangat besar untuk mengembangkan lebih banyak produk premium. Galaxy S5 mini memiliki bodi plastik berlesung pipit yang sama seperti pada Galaxy S5 biasa.

Ukuran dan berat
Galaxy S5 mini memiliki berat 17 gram lebih ringan dari One Mini 2, yakni 120 gram. Perangkat Samsung ini juga sedikit lebih kecil, memiliki dimensi ukuran 131,1 x 64,8 x 9,1 milimeter, dibandingkan dengan One Mini 2 dengan dimensi 137,4 x 65 x 10,6 mm.

Kamera
Pada bagian belakang, HTC membenamkan kamera 13MP, di bagian depan ada kamera 5MP untuk selfie dengan resolusi tinggi. Sementara itu, Samsung hanya membekali kamera S5 mini 8MP di bagian belakang dan 2,1MP di bagian depan.

Ekstra
Jika HTC berharap dengan desain akan menarik banyak pembeli, Samsung justru menghadirkan sensor yang sama seperti ditemukan di Galaxy S5, hal ini diklaim akan menarik pengguna ke versi mini. Model yang lebih kecil tetapi masih memiliki monitor denyut jantung dan pembaca sidik jari. Galaxy S5 Mini juga tahan air dan. Sementara HTC One Mini tidak memiliki banyak fitur ekstra. Bagi penggemar musik yang tidak suka menggunakan headphone disediakan dua speaker yang menghadap ke depan.

Storage dan RAM
Kedua perangkat memiliki 16GB penyimpanan internal. Menggunakan kartu microSD, yang dapat diperluas untuk 128GB pada perangkat HTC atau 64GB pada produk Samsung. S5 Mini memiliki 1,5GB RAM, sedangkan One Mini 2 hanya 1GB.

Baterai
Kedua smartphone, baik itu Samsung Galaxy S5 mini dan HTC One Mini 2 sama-sama dibekali baterai 2.100 mAh.

Share.

Leave A Reply