RANCAH POST – Apabila anda berwisata ke daerah Bukittinggi, akan terasa kurang pelesir anda jika tidak berkunjung ke Ngarai Sianok. Mata Anda disuguhkan dengan eksotisme panorama alam atas bukit.

Ngarai Sianok, bagi sebagian masyarakat Bukittinggi mengenal kawasan ini sebagai The Little tembok cina. Karena terdapat dinding sepanjang dua kilometer. Menurut warga, panjang dinding sesungguhnya lebih panjang.

Ngarai Sianok memiliki dua dinding saling berhadapan. Tingginya sekira 100 sampai 200 meter, panjangnya 15 km. Dinding ini membentuk ngarai dimana bisa melihat ladang padi yang luas dan sungai. Ngarai dipisahkan oleh Bukittinggi dan Gunung Singgalang.

Keindahan Ngarai Sianok dapat dilihat dari Taman Panorama di Bukittinggi atau bisa juga pergi ke Ngarai, yang merupakan area pemukiman dan ladang padi. Untuk menikmati pemandangan dari taman, para pengunjung harus membayar Rp5 ribu per orang.

Selain keindahan ngarai, pengunjung bisa mengunjungi bunker Jepang yang berada di dasar ngarai. Ngarai Sianok adalah tempat terindah di Sumatera Barat, apalagi saat sunrise dan sunset

Penginapan di sekitar Ngarai Sianok tidak tersedia, namun bisa mengginap di Bukittinggi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Ngarai Sianok. Di Bukittinggi terdapat beberapa pilihan hotel. Banyak pula hotel melati yang murah.

Jika berkunjung ke Ngarai Sianok lebih baik datang lebih awal untuk melihat matahari terbit atau menunggu saat matahari terbenam karena saatt inilah Anda menyaksikan pemandangan yang indah.

Lokasi yang jauh dari pemukiman akan lebih baik jika berjalan kaki atau menggunakan mobil, bahkan bisa memakai Sado jika ingin ke Taman Panorama untuk menikmati pemandangan Ngarai Sianok.

Jika ingin memanjakan mata, Anda bisa menikmati keindahan Ngarai Sianok dari Taman Panorama, bisa menggunakan Gazebo sambil melihat monyet bermain di sekitar taman. Ada sebuah menara dengan tinggi 20 meter dekat toko suvenir dimana bisa melihat keindahan Ngarai Sianok lebih jelas.

Share.

Leave A Reply