RANCAH POST – Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya, Mengapa umat Islam diharuskan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Ternyata selain mendapat pahala bagi umat Islam yang menjalankannya, puasa dilihat dari sisi medis  sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Berikut ini sejumlah manfaat bagi kesehatan dari menjalankan puasa Ramadhan:

Menurunkan kadar kolesterol
Berpuasa sebulan penuh ternyata efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga  bisa mencegah stroke, serangan jantung korener dan penyempitan pembuluh darah.

Merehatkan fungsi  organ pencernaan
Manfaat lain dari puasa adalah memberi waktu untuk merehatkan organ pencernaan. Lambung, usus besar, usus dua belas jari untuk sementara waktu diberi jeda untuk istirahat selama siang hari.  Sehingga proses regenerasi sell baru pada organ tersebut bisa berlangsung dengan baik.

Menyehatkan fungsi  jantung
Berpuasa rutin ternyata juga bisa menyehatkan fungsi jantung.  Berpuasa dan mengonsumsi makanan sehat, bisa meningkatkan kadar HDL dan menurunkan jumlah LDL di pembuluh darah.

Detoksifikasi
Berpuasa sangat efektif mereduksi kadar racun dalam tubuh kita. Racun yang terdapat dalam organ pencernaan, masuk melalui makanan dan minuman.   Racun-racun ini mengendap di lambung dan usus besar karena tak semua dibuang oleh organ urologi.  Dengan berpuasa, memberikan kesempatan bagi tubuh membersihkan sisa-sisa racun yang mengendap di dalam organ pencernaan.

Share.

Leave A Reply