Senin, 26 Oktober 2020
Beranda Berita Nasional Berita Pemilu Materi yang Harus Digodok Para Capres Pilpres 2014 Untuk Debat ke-3

Materi yang Harus Digodok Para Capres Pilpres 2014 Untuk Debat ke-3

RANCAH POST – Debat capres untuk Pilpres 2014 akan kembali dihelat pada 22 Juni. Debat yang sudah memasuki ronde ke-3 ini akan mengambil tema politik internal dan ketahanan nasional.

Pengamat politik Arya Fernandes berharap masing-masing capres menguasai tema debat. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dipaparkan capres terkait dua tema tersebut.

“Pertama, yang paling penting dari isu ini mereka harus bisa menyampaikan bagaiamana skema pemerintahan yang baik atau bagaiamana ketika mereka terpilih membentuk pemerintahannya, itu harus dijelaskan,” katanya, Selasa (17/6/2014) malam.

Kedua, lanjutnya, capres juga harus bisa menjelaskan bagaimana membangun hubungan yang baik dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Terkait tema ketahanan nasional, Arya berharap keduanya bisa menyampaikan berbagai hal terkait usaha pemerintah untuk menjaga ketahanan nasional.

“Misal, bagaimana usaha pemerintah untuk memperbaiki anggaran ketahanan, seperti di institusi TNI, Polri dan lainnya, bagaimana menjaga pertahanan negara, menjaga kawasan daerah terluar, alutsista. Semua itu bisa diperdebatkan,” ujarnya.

Yang tak kalah penting, menurut dia soal ketahanan pangan. Pasalnya, ketahanan pangan juga sangat berpengaruh pada keamanan dan ketenteraman sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan