RANCAH POST – Jika Anda merasakan telinga berdengung dan anda merasa nyeri saat berada dalam pesawat. Hal itu disebabkan perbedaan tekanan udara ketika anda berada di udara. Hal tersebut sanagat mengganggu kenyamanan anda saat berada di dalam pesawat. Lakukan hal-hal berikut untuk menghilangkan dengung di telinga.

Mengunyah
Saran yang satu ini mungkin sering anda dengar, ya mengunyah sangat bermanfaat saat telinga berdengung. Saat mengunyah, saluran eustachius otomatis membuka dan menutup. Lalu air liur yang ditelan dari hasil kunyahan dapat menghilangkan dengung di telinga. Saat berada dalam pesawat, anda dapat mengunyah permen karet yang dapat dipersiapkan sebelum menggunakan transportasi udara ini.

Bila tak memungkinkan menyiapkannya, biasanya sebelum lepas landas, pramugari akan menawarkan permen. Ambillah secukupnya, permen ini bisa menjadi alternatif.

Minum air
Jika kunyahan tak banyak membantu, ada baiknya anda meminum air. teguklah dalam jumlah banyak. Gerakan menelan dengan jumlah banyak juga bisa membantu menghilangkan tekanan dalam telinga.

Gerakan menguap
Langkah ketiga, bila saran tadi belum berhasil ialah menguap. Gerakan menguap selebar dan sekeras mungkin dapat dilakukan. Melakukan gerakan ini beberapa kali secara berurutan agar dengung di telinga hilang.

Menutup hidung dan mulut
Jika belum mendapat cara yang efektif, langkah yang satu ini dapat anda lakukan. Tutuplah hidung dan mulut secara bersamaan lalu tahan beberapa saat, setelahnya embuskan napas melalui hidung perlahan. Bila berhasil tekanan udara di telinga akan terasa keluar. Perlu diperhatikan, langkah ini tidak disarankan bagi penderita penyakit jantung.

Share.

Leave A Reply