RANCAH POST – Pasar otomotif tanah air kini tengah menjamur pasar mobil buatan Jepang, KIA Motor Indonesia yang merupakan produsen otomotif asal Korea Selatan terus bersaing pada pasar mobil di Tanah Air.

Tak puas menghadirkan sejumlah line-up dengan mesin bensin di Indonesia, KMI kini tengah mempersiapkan versi diesel guna memenuhi permintaan pasar.

KIA Carens salah satunya. Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang diimpor utuh dari Negeri Ginseng itu direncanakan dalam waktu dekat akan diboyong KMI ke Indonesia.

Direktur Pemasaran KIA Mobil Indonesia, Hartanto Sukmono, menyampaikan, saat ini KIA sedang melakukan pengujian terhadap Carens versi diesel di jalanan Indonesia. Serangkaian tes itu dilakukan dengan uji tempuh 100.000 kilometer, seperti halnya KIA Sorento.

“Karena uji tempuh menjadi salah satu persyaratan kami dalam mengetes mobil diesel,” ungkap Hartanto di Jakarta, Selasa 20 Mei 2014.

Pengetesan itu dilakukan secara tak henti. Dalam satu hari, mobil itu ditargetkan menempuh 300 km dan dilakukan selama 24 jam. Pengetesan dilakukan di sejumlah jalan di kawasan Jawa Barat.

“Pengetesan hanya pakai solar biasa, kalau pakai solar yang Pertadex sudah pasti lebih (jarak tempuh),” ujarnya.

Kendati demikian, dia belum mau membocorkan secara detail mesin yang didaulat KIA Carens versi diesel. Ia hanya menyatakan bila mobil itu akan disemat mesin turbo. Yang pasti, Carens versi diesel akan dijual lebih mahal dibandingkan versi bensin.

Share.

Leave A Reply