RANCAH POST – Ada berbagai macam kegiatan atau penyebab yang membuat anda begadang. Tidak bisa tidur atau karena pekerjaan yang menuntut Anda untuk melek di malam hari, apakah begadang berbahaya jika terlalu sering?

Seperti yang dijelaskan oleh seorang dokter ahli yaitu dr. Rahajeng Arianggarini, bahwa kurang tidur yang berkepanjangan dapat meningkatkan stress pada tubuh. Sementara stress berpengaruh pada peredaran darah serta gula darah dalam tubuh Anda. Selama Anda tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon yang fungsinya membantu mengontrol nafsu makan, metabolisme energi, dan pengolahan gula darah. Kurang tidur dapat menyebabkan terjadinya gangguan keseimbangan hormon tersebut.

Sebagai contohnya, kurang tidur menyebabkan peningkatan dalam produksi kortisol, yang sering disebut sebagai “hormon stres.” Kurang tidur juga berhubungan dengan peningkatan produksi insulin setelah makan.  Sedangkan hormon insulin merupakan hormon yang mengatur pengolahan gula darah dan meningkatkan penyimpanan lemak. Bila hormon tersebut tidak seimbang akan meningkatkan resiko seseorang untuk terkena diabetes di kemudian hari.

Tidak baik kan banyak begadang itu? Makanya, usahakan Anda memiliki cukup waktu untuk istirahat. Terutama saat malam hari.

Share.

Leave A Reply