Bertualang ke Rumah Pohon Tarzan Ala Suku Korowai

0
Suku Korowai
Suku Korowai

RANCAH POST – Ternyata Rumah Pohon seperti pada film Tarzan ada di Indonesia. Terletak di Papua, Deretan hutan yang sangat luas di Papua, dihuni oleh sekelompok suku-suku kecil, salah satunya suku Korowai.

Suku Korowai adalah salah satu suku di daratan Papua yang tidak menggunakan koteka. Suku ini baru ditemukan keberadaannya sekitar 30 tahun yang lalu di pedalaman Papua dan berpopulasi sekitar 3000 orang. Suku terasing ini hidup di rumah yang di bangun di atas pohon yang disebut Rumah Tinggi. Beberapa rumah mereka bahkan bisa mencapai ketinggian sampai 50 meter dari permukaan tanah.

Rumah pohon ini sengaja dibuat sedemikian rupa untuk melindungi diri mereka dari banjir, kebakaran, atau serangan hewan liar. Di dalamnya, tempat tinggal mereka dibagi menjadi dua, daerah untuk pria dan wanita.

Bahan yang digunakan untuk membuat rumah pohon berasal dari hutan dan rawa di sekitar, seperti kayu, rotan, akar dan ranting pohon. Untuk mengikat rumah pohon di gunakan tali, dan semua proses pembuatan rumah dilakukan dengan menggunakan tangan.

Rumah pohon ala suku Korowai memang merupakan hasil budaya yang unik dan perlu dijaga kelestariannya. Jika Anda seorang petualang sejati dan sangat tertarik dengan suku-suku pedalaman Indonesia, wajib bagi Anda untuk mengunjungi suku Korowai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here