26.6 C
Ciamis
Beranda Lifestyle Kuliner Cara Mengolah Kikil Agar Empuk Ketika di Makan

Cara Mengolah Kikil Agar Empuk Ketika di Makan

RANCAH POST – Beberapa diantara anda pasti pernah merasakan kikil. Bahan masakan dari sapi ini memang memiliki sensasi kenyal dan gurih yang khas.

Salah satu hal yang sering menjadi kendala dalam memasak kikil adalah bau amis atau sering tidak empuk. Permasalahan ini bisa timbul karena bumbu yang kurang tepat atau timing memasaknya kurang lama.

Nah, pertama kali yang harus Anda lakukan sebelum mengolah kikil adalah membersihkannya lebih dahulu. Bila masih akan digunakan dalam jarak waktu yang lama, sebaiknya disimpan dalam freezer.

Bila Anda hendak memasaknya langsung, Anda bisa mencoba untuk merebusnya sehingga tekstur kikil jadi lebih empuk. Merebus kikil hendaknya dengan air bersih biasa, jangan langsung dicampur dengan bumbu. Tujuannya untuk melunakkan dan mensterilkan kikil. Biasanya lama memasak 2-3 jam.

Setelah itu, tiriskan kikil dan lakukan proses memasak kedua. Yaitu membumbui kikil. Rebus kikil dengan menggunakan bumbu sesuai dengan masakan yang akan Anda buat. Atau bisa juga menggunakan bumbu dasar seperti bawang putih, garam, merica, ketumbar dan kunyit.

Lakukan proses pembumbuan ini kurang lebih 1-2 jam atau bila Anda ingin lebih empuk, bisa lebih lama lagi. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

Stay Connected

105,292FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here