22 C
Ciamis
BerandaLifestyleKulinerBeberapa Tanda Ikan Asin Yang Didalamnya Terkandung Formalin

Beberapa Tanda Ikan Asin Yang Didalamnya Terkandung Formalin

RANCAH POST – kita tahu, formalin bukanlah pengawet makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Formalin yang termakan oleh tubuh dapat timbulkan berbegai penyakit, salah satunya adalah kanker. Karena itu, berhati-hatilah saat membeli ikan asin, jangan sampai ikan asin yang Anda beli sudah tercampur dengan formalin.

Berikut cara mengetahui bahwa ikan asin mengandung formalin atau tidak:

Ikan Asin Sangat Awet
Ikan asin yang tidak mengandung formalin biasanya cepat busuk dan rusak jika diletakkan di ruangan biasa. Sedangkan ikan asin yang diberi pengawet bisa tahan hingga 1 bulan lebih.

Bau Khas Ikan Asin Hilang
Ikan asin biasanya berbau tidak sedap dan ada aroma khasnya. Jika Anda tidak mencium aroma tersebut dan bahkan tidak ada aroma apapun pada ikan asin itu, kemungkinan karena sudah dicampur formalin.

Daging Lebih Keras dan Alot
Daging ikan asin biasanya mudah hancur dan rapuh. Anda harus waspada pada ikan asin yang dagingnya alot, keras dan susah diambil dengan tangan. Formalin akan membuat bahan makanan lebih alot dan tidak mudah hancur.

Tidak Dihinggapi Lalat dan Kucing Tidak Mau
Lihatlah di bagian atas ikan asin, apakah ada lalat yang hinggap? Jika ada, itu adalah hal yang baik, karena lalat biasanya punya sensor lebih peka, sehingga mereka tidak mau hinggap di bahan makanan yang sudah tercampur bahan kimia. Coba tes juga ikan asin dengan memberinya pada kucing, jika kucing tampak menolak, ada kemungkinan ikan asin itu mengandung formalin.

Stay Connected

104,871FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here