RANCAH POST – Meskipun dalam keluarga Anda tidak ada yang mengalami kanker payudara, kanker ini tetap bisa terjangkit pada setiap wanita. Penyebab kanker payudara ini berbagai hal, tidak hanya disebabkan gen semata.

Gaya hidup yang tidak sehat, kegemukan, semua hal bisa mempengaruhi kemunculan penyakit ini. Untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sejak dini. inilah beberapa hal tersebut:

Jaga berat badan ideal
Wanita yang cenderung mengalami kanker payudara adalah yang memiliki problem berat badan. Di usia berapapun, usahakan untuk selalu menjaga berat badan ideal. Indeks massa tubuh juga disarankan tetap berada di bawah angka 25.

Tambahkan menu sayur dan buah-buahan
Menghitung kalori makanan bukanlah karena sok-sokan atau karena hanya ingin tetap langsing. Pentingnya mengendalikan asupan kalori harian ini juga demi meningkatkan asupan lain seperti antioksidan sehingga kanker bisa dikendalikan.

Memakai bra yang tepat
Resiko kanker payudara juga diperbesar dengan pemakaian bra yang kurang tepat. Bra yang terlalu ketat dan tidka nyaman dapat menyebabkan kulit sulit bernapas.

Mengecek history kesehatan keluarga
Adanya keluarga yang pernah menderita kanker payudara memang cukup berpengaruh. Penelitian mengatakan bahwa 10% dari penyakit kanker payudara di dunia ditransfer secara genetik.

Menghindari alkohol
Mengonsumsi alkohol berkaitan dengan peningkatan resiko kanker payudara. Wanita disarankan menghindari atau membatasi asupan di bawah porsi yang disarankan.

Menyusui
Bagi bumil, disarankan untuk memberikan ASI pada anak. Menyusui sudah terbukti dapat menurunkan resiko kanker payudara di kemudian hari, karena dapat menyeimbangkan kadar estrogen wanita.

Berolahraga
Hormon estrogen yang terlalu tinggi dapat bermutasi menjadi sel kanker. Inilah sebabnya Anda juga disarankan selalu berolahraga setiap hari setidaknya 30 – 45 menit.

Mengecek tubuh
Lakukan pengecekan secara teratur dengan meraba bagian payudara dalam kondisi telentang. Apabila ada benjolan mencurigakan yang Anda temukan, konsultasi dan periksakan diri Anda ke dokter.

Share.

Leave A Reply