RANCAH POST – Vetsin atau Umami digunakan koki Jepang sejak ribuan tahun yang lalu. Rasa lebih dari empat rasa lainnya dan sebagian besar menyebabkan rasa lapar serta air liur yang bergelora.

Karena menimbulkan nafsu makan dan gairah makan, kemudian rasa umami ini diciptakan sebagai bumbu instant dengan menggabungkan glutamat dengan nukleotida. Diperkenalkan oleh konsep barat sebagai rasa gurih yang instant tanpa harus menambahkan bahan lain apapun.

walaupun demikian, selalu saja ada cara membuat masakan gurih secara alami, seperti apa yang dilakukan oleh para koki dari Jepang dan China. Cara alami tersebut adalah sebagai berikut:

Menggunakan keju parmesan
Saat memasak pasta, Anda bisa menggunakan tambahan keju parmesan yang tak hanya membuat masakan jadi lebih lezat tetapi juga menambahkan rasa gurih di dalamnya.

Menggunakan ikan teri
Sejak berabad-abad lalu, ikan teri yang diasinkan digunakan sebagai bahan tambahan dalam memasak. Rasa gurihnya dapat diperoleh dari teri yang digoreng garing, dihancurkan kemudian ditaburkan, atau dicampur dengan sayuran tumis.

Menggunakan saus tomat
Buah tomat sendiri memang menghadirkan rasa gurih yang berbeda pada masakan. Selain itu, ia juga menyajikan kekentalan masakan. Menu oriental misalnya, hampir selalu menggunakan saus sebagai salah satu bumbu dalam masakan.

Menggunakan tahu
Sup tahu kedengarannya seperti biasa dan sederhana ya. Namun apabila Anda merasakannya, Anda akan mencicipi sebuah masakan yang istimewa. Tahu sendiri merupakan hasil produk fermentasi kedelai, yang memberikan rasa gurih yang istimewa.

Menggunakan kaldu daging
Kaldu daging juga dapat menimbulkan rasa gurih pada menu masakan kuah atau tumis. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lemak yang dijadikan minyak dan disimpan untuk menumis.

Menggunakan kacang polong
Kacang polong kerap dihadirkan pada beberapa menu saus atau sup. Dan ternyata menu yang satu ini dapat menambah rasa gurih dan lezatnya masakan.

Menggunakan jamur
Jamur dalam bentuk apapun juga memberikan rasa gurih serta membuat kuah masakan jadi lebih kental. Penyebabnya, jamur sendiri secara alami memang memiliki rasa umami.

Share.

Leave A Reply