RANCAH POST – Ketika anda diet atau memperbaiki gizi asupan makanan, salad merupakan hidangan yang sangat cocok untuk mengisi perut Anda. Tapi, kebanyakan salad bikinan sendiri tidak seenak salad yang di buat restoran akibatnya anda kurang memberikan kepuasan dan kelezatan bagi lidah dan perut anda.

Hal itu karena banyak langkah pembuatan salad yang kurang tepat. Salad tidak perlu menggunakan mayonaise atau dressing penuh lemak untuk membuatnya menjadi lezat. Untuk mengetahui cara membuat salad berkualitas restoran, Anda wajib mengetahui beberapa tips di bawah:

Cuci dan keringkan sayur-sayuran
Cara mencuci sayuran yang tepat adalah dengan merendamnya di dalam air bersih dan hilangkan kotoran-kotoran yang menempel serta buang daun yang telah berubah warna sehingga Anda mendapatkan salad yang segar.

Tak hanya itu, Anda juga harus benar-benar mengeringkan sayuran tadi setelah selesai dicuci. Jika tida, maka saus dressing nantinya tidak dapat menempel pada permukaan sayur.

Beri garam
Apapun dressing yang Anda tambahkan pada salad, pastikan untuk menambahkan sedikit garam untuk memberikan cita rasa.

Kombinasikan tekstur
Pilih topping salad yang memiliki berbagai jenis tekstur. Anda dapat menambahkan topping mulai dari keju yang creamy, kacang yang renyah, buah-buahan kering yang kenyal hingga tomat yang juicy.

Kombinasikan rasa
Tak hanya tekstur, Anda juga harus mencampurkan berbagai rasa ke dalam salad. Beberapa cita rasa yang harus ada di dalam salad Anda antara lain adalah asin, manis, asam dan sedikit pahit. Anda juga dapat menambahkan sedikit rasa pedas untuk salad yang lebih menggugah selera.

Jumlah topping harus seimbang
Saat membuat salad, jumlah seluruh bahan dan topping harus seimbang. Hal ini untuk menghindari Anda kehilangan manfaat kesehatan salad. Misalnya, jangan menambahkan keju atau saus dressing terlalu banyak.

Sangrai kacang
Kacang almond, mede dan jenis kacang-kacang lain sering digunakan saat membuat salad. Agar kacang memiliki rasa yang kuat dan tekstur yang renyah, Anda sebaiknya men-sangrainya terlebih dahulu.

Bereksperimen dengan minyak dan cuka
Cuka balsamic dan minyak zaitun adalah dua dressing salad yang paling banyak digunakan. Namun, Anda dapat bereksperimen dengan jenis minyak dan cuka lainnya untuk memberikan cita rasa yang bervariasi pada salad buatan Anda seperti minyak alpukat, kacang walnut, cuka beras, cuka sherry, dan cuka apel.

Tambahkan rempah
Tak hanya sayur-sayuran, berbagai jenis rempah seperti mint, basil, peterseli, dill, dan rempah lainnya pun dapat Anda gunakan untuk membuat salad. Rempah-rempah tadi mampu memberikan aroma dan cita rasa yang baru.

Tambahkan topping mewah
Salad seringkali dianggap sebagai makanan yang kurang lezat dan kurang menggugah selera. Untuk itu, Anda dapat menambahkan berbagai jenis topping mewah agar salad buatan Anda menjadi hidangan yang tak kalah dengan steak atau hidangan penuh lemak yang lezat lainnya.

Begitu banyak topping mewah yang dapat Anda gunakan seperti blue cheese, daging bebek, telur puyuh, sumsum tulang, salmon, udang dan masih banyak lagi.

Share.

Leave A Reply