RANCAH POST – Jika berbicara tentang donat, anda pasti membayangkan bentuk, rasa dan cara pembuatannya. Donat terbuat dari tepung terigu, gula, telur dan mentega, kue berbentuk bulat dengan lubang di bagian tengah ini dimasak dengan cara digoreng di dalam minyak panas.

Metode memasak ini yang kemudian membuat donat menjadi penganan yang cenderung kurang sehat, yakni mengandung sekitar 18 gram lemak per buah. Saat ini hadir versi donat rendah lemak ciptaan chef asal Inggris, Paul Hurley.

Ia membuka sebuah kedai donat bernama Dum Dum Doughnuts dan menjual donat yang dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven. Dengan metode ini, kadar lemak yang terkandung di dalam donat cenderung lebih rendah, yakni sekitar 6 gram lemak.

“Saya mencoba menciptakan donat terbaik sejak tahun 1997. Dengan memanggang donat maka kadar lemak yang terkandung di dalamnya lebih rendah daripada menggorengnya di dalam minyak,” ujarnya.

Meski demikian, topping dan isian donat tidak diubah sama sekali oleh Hurley. Ia menawarkan ragam menu donat dengan topping cokelat, krim, keju, selai buah-buahan dan masih banyak lagi.

“Donat selai kami hanya memiliki sekitar 6 gram lemak dan 350 kilokalori. Sungguh sangat rendah lemak dibandingkan donat biasa dengan 18 gram lemak dan 450 kilokalori,” ucapnya.

Kedai donat Hurley akan segera dibuka di Box Park, Shoreditch, London Timur pada tanggal 25 Februari mendatang. Untuk harganya berkisar £1,80-3 atau kurang lebih Rp35 ribu-60 ribu per satu buah donat.

Share.

Leave A Reply