Sabtu, 31 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Tips Memasak Sehat dengan Menggunakan Yoghurt

Tips Memasak Sehat dengan Menggunakan Yoghurt

RANCAH POST – Yoghurt sudah memang memiliki banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan kekuatan tulang, melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, serta menyehatkan kulit.

Saat ini, yoghurt lebih sering disantap secara langsung. Entah itu diminum atau dimakan bersama topping buah-buahan layaknya es krim. Tapi, sebenarnya, Anda juga dapat menggunakannya sebagai bahan masakan. Bahkan yoghurt dapat menjadi bahan masakan pengganti yang pastinya jauh lebih menyehatkan. Berikut beberapa cara memasak lebih sehat dengan yoghurt:

Pasta
Pasta terkenal dengan sausnya yang kental, creamy dan gurih. Tak perlu menggunakan krim, telur, mentega, susu atau keju yang mengandung karbohidrat ekstra. Ganti dengan yoghurt. Ya, yoghurt akan membuat pasta menjadi hidangan yang tak hanya lezat namun juga sangat menyehatkan sehingga Anda tak perlu merasa bersalah saat menyantapnya.

Kue
Saat membuat kue atau cupcakes, Anda dapat menambahkan sedikit yoghurt yang sekaligus memberi sentuhan rasa baru. Yoghurt juga dapat membuat kue semakin lembut dan membuat kue bertahan lebih lama.

Sup
Di berbagai negara, yoghurt menjadi salah satu bahan untuk membuat sup. Di India misalnya, yoghurt biasa digunakan untuk memasak kari dan hidangan berkuah lainnya. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan plain yoghurt dan memasukkannya ke dalam kaldu. Yoghurt juga dapat dijadikan pengganti santan dan susu yang lebih sehat saat memasak sup. Walaupun tidak segurih santan, yoghurt memiliki tekstur yang tebal dan creamy sehingga membuat sup Anda menjadi kental.

Dressing
Salad adalah salah satu hidangan yang sangat menyehatkan. Untuk itu, jangan menambahkan saus thousand island atau mayonaise. Anda dapat menggunakan yoghurt sebagai penggantinya. Cukup tambahkan garam dan merica secukupnya serta minyak zaitun atau cuka, untuk memperkaya rasa.

Saus cocolan
Saat menyantap kentang goreng atau keripik, saus cocolan adalah pendamping yang sempurna. Nah, disini Anda dapat menggunakan yoghurt sebagai pengganti mayonaise atau saus keju. Anda pun dapat berkreasi saat membuatnya dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti cabai, air perasan lemon hingga rempah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,260PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan