32.2 C
Ciamis
Beranda Lifestyle Kesehatan Waspada, Terlalu Banyak Minum Alkohol Dapat Merusak DNA

Waspada, Terlalu Banyak Minum Alkohol Dapat Merusak DNA

RANCAH POST – Alkohol akrab sekali dengan pesta keluarga, ulang tahun, dan berbagai perayaan lainnya. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang memang bermanfaat bagi tubuh, tapi ketika berlebihan, justru jadi bumerang yang mendatangkan penyakit.

Penelitian baru menemukan, tingkat konsumsi alkohol setiap pekan dapat menyebabkan kerusakan DNA pada kelompok dewasa muda. Badan penyalahgunaan alkohol di Amerika Serikat menyebutkan, sekitar empat dari lima mahasiswa minum alkohol, mereka berusia antara 18 hingga 24 tahun.

Setiap tahun, terdapat kasus meninggal akibat cedera yang berhubungan dengan alkohol secara tidak disengaja.

Studi ini dilakukan oleh Autonomous University di Meksiko. Mereka menganalisis efek berupa kerusakan oksidatif dari konsumsi alkohol pada dewasa muda yang sehat. Kerusakan oksidatif didefinisikan sebagai kerusakan protein, membran, dan gen.

Peserta yang dianalisis dibagi menjadi dua kelompok. Yang pertama minum alkohol rata-rata 1,5 liter setiap akhir pekan, sedangkan kelompok kedua tidak mengonsumsi alkohol. Semua peserta menjalani tes darah untuk memastikan bahwa mereka sehat dan bebas dari penyakit.

Selain itu, para peneliti mengukur aktivitas dehidrogenase –enzim yang bertanggung jawab untuk mengatur metabolisme alkohol.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi alkohol dua kali lebih banyak mengalami kerusakan oksidatif pada membran sel mereka, dibandingkan dengan kelompok yang tidak minum. Para peneliti juga menyimpulkan, kerusakan oksidatif dapat ditemukan pada dewasa muda yang memiliki 4-5 tahun sejarah minum alkohol.

Stay Connected

105,088FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here