Selasa, Desember 1, 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Ternyata Terlambat Menstruasi Bukan Hanya Di Sebabkan Hamil Saja

Ternyata Terlambat Menstruasi Bukan Hanya Di Sebabkan Hamil Saja

RANCAH POST – Siklus menstruasi wanita biasanya berlangsung setiap 21-35 hari, selama 3-7 hari. Tapi, tidak selamanya menstruasi yang terlambat dari siklus itu disebabkan kehamilan. berikut faktor-faktor yang bisa menyebabkan menstruasi terlambat.

Stres dan sakit
Stres dan sakit memengaruhi pembentukan ovulasi. Yakni, fase ketika sel telur dilepaskan dan akan menjadi darah menstruasi ketika tak dibuahi. Stres yang datang sekitar 14 hari sebelum menstruasi akan menganggu fase opulasi, sehingga proses itu tertunda.

Terlalu kurus
Kehilangan bobot tubuh bisa jadi hal fatal dalam siklus menstruasi. Wanita yang tidak memiliki lemak tubuh cukup, butuh waktu lama untuk menghasilkan estrogen yang diperlukan dalam ovulasi. Semakin tertunda proses ovulasi, periode menstruasi pun semakin tak teratur.

Terlalu gemuk
Ketika seseorang kelebihan berat badan, estrogen yang dihasilkan justru terlalu banyak. Kadar estrogen yang tinggi juga dapat mengganggu pembentukan ovulasi. Ujungnya, ketidakteraturan siklus menstruasi.

PCOS
PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) adalah keadaan ketika wanita menghasilkan hormon androgen berlebih. Biasanya selama ovulasi, wanita akan menghasilkan beberapa folikel. Ini sulit terjadi pada pengidap PCOS. Proses ovulasi terganggu.

Olahraga
Tak hanya telat, atlet juga dihantui pemberhentian dini menstruasi. Sebab, mereka kerap berlebihan latihan fisik. Saat itu terjadi, tubuh dapat berhenti menstruasi karena hemat energi. Wanita yang gemar olahraga juga kemungkinan memiliki lemak tubuh yang sangat rendah. Sehingga, tak cukup menghasilkan estrogen untuk ovulasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here