RANCAH POST – Kabar mengejutkan datang dari Timnas Kamboja, entah apa ini merupakan hal yang positif dan menguntungkan bagi Timnas U23 asuhan coach RD atau apa. Yang jelas Kamboja akan menghadapi Indonesia dengan skuad apa adanya setelah Federasi Sepakbola Kamboja (FFC) melalui ketuanya mengumumkan pemecatan empat pemain (Keo Sokngon, Sok Ritht, Say Piseth dan Tum Saray).

Selain memecat empat pemain, Sao Sokha Ketum FFC juga memecat manajer tim Chhaing Pisedt. Mereka dipecat dengan alasan yang tidak jelas hanya dikatakan telah merusak nama baik bangsa.

“PFFC tak pernah melakukan sesuatu tanpa alasan yang masuk akal. Alasan pemecatan mereka lebih terkait soal perusakan nama baik bangsa,” ungkap Sokha (sumber : harian top skor)

Dengan kondisi ini, mau tidak Kamboja yang dilatih Lee Tae Hon harus membawa skuad apa adanya ke Sea Games Myanmar dan akan memperberat langkah Bin Thierry dan kawan-kawan, apalagi kembali Kamboja bertemu dengan lawan yang sama saat di Sea Games 2011 Jakarta, Indonesia dan Thailand.

Sebenarnya prestasi Kamboja di Sea Games sejauh ini memang belum memperlihatkan bahwa mereka layak menjadi pesaing untuk merebut medali, praktis sejak menggunakan format baru (U23), prestasi tertinggi Kamboja hanya sampai fase grup. Dua tahun lalu saat kontra Indonesia mereka dibantai dengan skor 0-6.

Sebenarnya Kamboja sempat mengejutkan kala berujicoba terakhir jelang ke Myanmar, dengan mampu mengalahkan Singapura 1-0 melalui gol Chan Vathanaka di kandang Singapura Stadion Jalan Besar. Namun dipertemuan kedua yang dihelat dua hari kemudian Kamboja justru kalah 0-1.

Kondisi tim yang sempat dipenuhi optimisme mau tidak mau menjaidi berat karena hanya 16 pemain saja yang akan dibawa ke Myanmar, padahal persiapan jelang Sea Games Kamboja yang berjuluk “Angkor Warriors” telah menjalani 10 partai ujicoba dengan lima kali menang, dua seri dan tiga kalah.

Berikut daftar pemain yang dibawa pelatih Lee Tae Hon untuk Sea Games Myanmar :

Kiper : Sou Yaty, Sar Sophea

Bek : Touch Pancharong, Sok Sovan, Ke Vannak, Khek Khemrin

Tengah : Prak Mony Udom, Srey Udom, Sos Suhana, Thierry Chantha bin, Chhin Chheoun, Ros Samoeun, Chan Vathanaka, Chhun Sothearath

Depan : Phuong Soksana, Sok Pheng

Dengan 16 pemain yang dibawa, jelas masalah terberat di sector belakang karena hanya membawa empat pemain saja, karena dari dua pemain yang dipecat dua orang berposisi sebagai bek. Dimata ane ada dua pemain yang lumayan memiliki kualitas di Kamboja yaitu gelandang Thierry Chantha Bin dan Chan Vathanaka.

Semoga kondisi yang terjadi di Kamboja, tidak membuat Andik Vermansyah dan kawan-kawan lengah. Justru menjadi pelecut untuk mampu menang dengan penampilan terbaik dan skor besar.

Share.

Leave A Reply