RANCAH POST – Kebiasaan menyikat gigi bukan sebatas kesehatan yang rutin dilakukan setiap hari. Tetapi, rajin sikat gigi dan memeriksanya rutin ke dokter dapat berdampak baik bagi kesehatan organ lain.

Penelitian yang dilakukan oleh Columbia Mailman School of Public Health menunjukkan bahwa menyikat gigi dan rutin memeriksa kesehatannya ke dokter dapat membantu mencegah penyakit jantung. Peneliti mengatakan, dengan menyikat gigi kesehatan gusi menjadi membaik dan pengerasan serta penyumbatan arteri melambat (aterosklerosis) secara signifikan.

“Hasil penelitian ini penting karena aterosklerosis berkembang secara paralel dengan kedua penyakit periodontal klinis dan bakteri di gusi. Ini adalah bukti bahwa bakteri periodontal dapat berperan dalam mencegah atau memperlambat kedua penyakit tersebut,” ujar Moise Desvarieux, MD, seperti RANCAH POST kutip dari Newsmaxhealth.

Peneliti menyertakan 420 warga Manhattan yang diperiksakan infeksi periodontal dan tanda-tanda aterosklerosis pada arteri karotid. Pemeriksaan itu sendiri menggunakan ultrasound dengan resolusi tinggi.

Selanjutnya setelah tiga tahun, para peneliti menemukan adanya peningkatan kesehatan periodontal kesehatan gusi. Selain itu, penelitian juga menunjukkan penurunan proporsi bakteri secara spesifik dengan penyakit periodontal berhubungan dengan kondisi pembuluh darah meningkat.

“Hasil penelitian kami menunjukkan hubungan yang jelas antara apa yang terjadi di mulut dan penebalan arteri karotid, bahkan sebelum timbulnya penyakit periodontal. Ini menunjukkan bahwa penyakit periodontal tidak boleh diabaikan,” kata Profesor Panos N Papapanou dari Columbia University college of Dental Medicine.

Peneliti menyimpulkan bahwa bakteri di mulut dapat menyebabkan terjadinya aterosklerosis dengan memicu respons imun dan peradangan. Hal ini dapat memulai atau memperburuk aspek inflamasi aterosklerosis.

Share.

Leave A Reply