RANCAH POST – Salah satu daya traik Indonesia adalah kulinernya yang beranekaragam jenis dan rasa. Tiap daerah punya deret makanan khas yang unik. Cara memasak, menggunakan bumbu, dan cita rasa masing-masing berbeda.

Beberapa ragam kuliner itu mulai mendunia. Rendang, contohnya. Daging berbalut bumbu khas Tanah Minang itu dinobatkan menjadi salah satu makanan terlezat di dunia. Bisa dibilang, ia makanan Indonesia paling populer.

Tapi, masih banyak makanan dari negara Asia lain seperti Thailand, Vietnam, Jepang, dan Korea yang lebih tenar. Sushi, kimchi, tom yam, dan pho bisa merambah negara-negara lain di luar tanah kelahirannya. Lagi pula, rendang tak bisa dijadikan satu-satunya andalan Indonesia.

“Kuliner Indonesia bukan hanya rendang. Kita punya potensi yang besar dari segi kuliner yang begitu beragam,” kata Chef Marinka.

Ia menyebutkan, sudah saatnya masyarakat dunia mengenal berbagai jenis masakan Indonesia yang tak kalah lezat dari rendang. Marinka kemudian menyebutkan rahasia membuat kuliner Indonesia lebih mendunia.

Salah satunya, kata Marinka, membuat dekorasi menarik saat membuka restoran di luar negeri. Etnik budaya bisa menjadi pilihan menyemarakkan suasana makan. Dengan begitu, orang akan lebih tertarik datang dan mencicipi makanannya.

Selain tempat, Marinka juga menekankan pentingnya membuat presentasi makanan yang variatif, kreatif, dan menarik.

“Makan itu bukan cuma rasa, tapi juga visual. Tantangannya, bagaimana memberikan orang lain pengalaman menyantap kuliner dari mata hingga rasa yang berkualitas,” kata Marinka.

Menurut Marinka, tak ada salahnya menyesuaikan cita rasa masakan Indonesia dengan lidah orang luar. Misalnya, mengurangi tingkat kepedasan. Sebab, umumnya orang luar Asia kurang terbiasa dengan makanan kelewat pedas. Ia berharap, cara-cara itu bisa memopulerkan makanan khas Indonesia di mata dunia.

Share.

Leave A Reply