Cara Cegah Sakit Maag Karena Asam Lambung Naik

0
Sakit Maag
Sakit Maag

RANCAH POST – Perut Anda terisi dengan cairan asam alami yang diproduksi untuk memicu enzim pencernaan memecah partikel makanan dan membantu sistem pencernaan. Namun, asam lambung yang berlebihan kadang-kadang bisa menyakitkan.

Nyeri pada ulu hati adalah gejala yang paling umum dari sakit maag akibat asam lambung berlebih. Berikut beberapa langkah mengatur kadar pH lambung dan mengurangi asam, sebagaimana dilansir Boldsky.

Ubah gaya hidup
Gaya hidup Anda memiliki peran besar dalam kondisi kesehatan. Mengubah gaya hidup Anda dapat membantu mengembalikan kadar asam lambung menjadi normal. Untuk itu, kebiasaan makan Anda perlu diperhatikan. Makan secara berlebihan atau tidak makan-makanan yang tepat dapat meningkatkan asam lambung. Selain itu, sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan merokok dan mengurangi minum kopi.

Minum air putih dan susu
Dehidrasi adalah penyebab utama dari asam lambung naik. Namun, air dapat menetralkan asam di lambung, jadi minumlah air sebanyak mungkin. Cara lain mengurangi asam lambung dengan minum segelas susu. Selain mengurangi rasa panas di perut, susu juga memberikan efek pendinginan.

Mengunyah daun mint
Dingin dan menyegarkan adalah cara sederhana dan alami mengurangi asam lambung. Mint mengurangi asam lambung dan juga membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan.

Berhati-hati ketika makan
Ketika Anda makan, jangan sampai udara berlebih masuk dalam mulut. Hal ini dapat menyebabkan kembung dan gas yang tidak diinginkan. Ketika udara ini dikeluarkan melalui sendawa, hal itu mungkin membawa kelebihan asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan peradangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here