RANCAH POST – Tanjung Verde telah melayangkan banding kepada Court of Arbitration for Sport (CAS) atau Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional perihal keputusan FIFA yang mendiskualifikasi mereka dalam putaran terakhir kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika.

FIFA terpaksa mendiskualifikasi Tanjung Verde karena mereka kedapatan memainkan Fernando Verela yang sedang menjalani sanksi akumulasi saat melawan Tunisia pada September lalu. Partai itu sendiri sempat berakhir 2-0 untuk Tanjung Verde sehingga mereka lolos ke babak terakhir kualifikasi.

Akan tetapi, FIFA mencabut kemenangan Tanjung Verde dan memberikan kemenangan 3-0 atas Tunisia. Tunisia pun mengangkangi Tanjung Verde sebagai pemuncak Grup B sehingga lolos ke babak terakhir kualifikasi. Tunisia lalu berhak melawan Kamerun dalam dua leg untuk memperebutkan satu tiket ke Brasil. Denda sebesar US$6.400 pun juga dijatuhkan kepada asosiasi sepakbola Tanjung Verde.

Sebelumnya, Tanjung Verde sempat mengajukan banding kepada FIFA namun sudah ditolak pada awal Oktober lalu. Ferderasi Sepakbola Tanjung Verde pun mengajukan banding lagi kepada CAS. Banding itu sudah diterima CAS dan akan diproses, namun masih belum ditentukan tanggal untuk mengetahui hasilnya.

Share.

Leave A Reply