RANCAH POST – Kombinasi keseimbangan asupan nutrisi dan olahraga dapat membantu mendapatkan berat badan ideal. Salah satu caranya adalah konsumsi buah, sayur dan olahraga rutin dapat membantu mencapai tujuan tersebut.

Dokter Spesialis Gizi Klinik pada Departemen Ilmu Gizi FKUI RSCM, Dr. Fiastuti Witjaksono MS.SpGK mengatakan, untuk mendapatkan berat badan normal kita perlu memperhatikan asupan kalori sesuai kebutuhan.

“Caranya adalah dengan memperhatikan komposisi karbohidrat, serat, protein, dan lemak seimbang, serta jadwal makan yang baik,”jelas Dr. Fiastuti dalam diskusi bertema Resolusi “The New Healthy Me” di The Akmani Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2014).

Dr. Fiastuti menjelaskan bahwa WHO merekomendasikan untuk meningkatkan konsumsi sayur, buah dan biji-bijian. Kemudian, membatasi asupan kalori dari lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh, serta membatasi asupan gula merupakan salah cara mendapat berat badan ideal.

“Selain itu, penting pula meningkatkan aktifitas fisik dengan olahraga teratur. Untuk menurunkan berat badan berlebih harus dengan olahraga aerobik minimal 4 kali perminggu, dan minimal 45 menit per sesi latihan,”imbuhnya.

“Penurunan berat badan secara moderat (5-10 %) akan memperbaiki kontrol gula darah, tekanan darah, kolesterol, sleep apnea, osteoarthritis atau radang sendi,”tambahnya.

Share.

Leave A Reply