RANCAH POST – Semenjak dahulu semua orang tahu bahwa jus sayuran dan buah-buahan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan. Anda dapat mengonsumsinya dalam beragam bentuk asupan, salah satunya jus.

Banyak jus yang dapat Anda konsumsi bisa dibuat dari berbagai buah. Selain sehat, jus juga bisa menangkal penyakit, termasuk mengurangi tekanan darah. Berikut beberapa jenis jus yang paling baik memberikan dampak kesehatan, seperti dilansir Naturalnews.

Jus Tomat
Salah satu jenis jus yang paling memberikan dampak kesehatan adalah tomat. Tomat kaya akan lycopene yang merupakan antioksidan kuat, dan dapat menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang kaya likopen membantu mengurangi risiko kanker, bahkan stroke. Para peneliti percaya bahwa lycopene dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penggumpalan darah, dan mengurangi peradangan sehingga menurunkan risiko terkena penyakit stroke.

Meskipun tomat bukan satu-satunya makanan yang mengandung lycopene, buah ini merupakan sumber terbaik dari kandungnan antioksidan tersebut. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk menkonsumsi makanan mengandung lycopene setiap hari, dan jus tomat akan membuat Anda lebih mudah memperolehnya.

Selain itu, sebaiknya Anda juga menambahkan beberapa jenis lemak baik seperti minyak zaitun pada jus tomat. Hal ini karena akan membantu tubuh Anda menyerap lycopene lebih baik.

Jus Delima
Banyak dari jus buah memiliki kandungan gula yang tinggi, oleh karena itu, biasanya cara terbaik mensiasatinya adalah menghindari terlalu banyak minum jus, dan menjadikan sayuran sebagi alternatif. Tetapi, jus delima adalah salah satu jus buah terbaik yang dapat Anda pilih untuk dikonsumsi.

Jus buah delima mengandung banyak antioksidan yang dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung meskipun efeknya hanya untuk jangka pendek. Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh The National Cancer Institute juga menemukan bahwa jus delima dapat membantu memperlambat penyebaran kanker prostat.

Bahkan, para peneliti di Queen Margaret University, Edinburgh juga telah menemukan bahwa minum jus delima dapat meningkatkan testosteron, yaitu hormon yang meningkatkan gairah seks pada pria dan wanita. Selain itu, testosteron juga bermanfaat dalam mengurangi stres dan meningkatkan mood pada umumnya.

Juah Buah Bit
Penelitian menunjukkan bahwa jus bit efektif dalam meningkatkan energi dan menurunkan tekanan darah karena konsentrat nitrat yang tinggi. Tubuh mengubah nitrat menjadi oksida nitrat, yaitu senyawa yang berfungsi untuk merangsang aliran darah. Tentu saja, hal ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Nitrat dalam jus bit juga dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga. Sebuah penelitian yang dilakukan University of Exeter menemukan bahwa pria yang minum jus bit memiliki daya tahan lebih baik selama olahraga.

Untuk mengonsumsinya buah bit, sebaiknya tidak dengan fermentasi karena mengurangi beberapa nutrisi yang dikandungnya dan lebih baik diminum dalam bentuk jus. Minum satu atau dua gelas jus bit setiap hari dapat memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kesehatan Anda.

Share.

Leave A Reply