RANCAH POST – Memasak adalah kegiatan menyiapkan makanan untuk dimakan dengan cara memanaskan pada bahan makanan agar bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi. Bagi yang hobi memasak, kegiatan di dapur satu ini memang menyenangkan. Terlebih bila menyajikan hidangan yang lezat dan enak untuk orang-orang terkasih.

Ternyata, memasak tidak hanya sekedar berkutat pada resep dan bahan yang digunakan lho ladies! Cara memasak dan komposisinya juga harus diperhatikan karena bila dalam rutinitas memasak ini berlebihan menggunakan suatu bahan atau mengabaikan beberapa hal detil bisa merugikan kita. Imbasnya bisa menjadi penyakit dan bikin kita gemuk. Waduh sayang sekali ya?

Yuk ladies, cari tahu apa sih yang membuat cara memasak malah membuat tubuh gemuk? Ini dia penyebabnya!

1. Masak Sambil Ngemil

Saat Anda memasak, secara refleks biasanya sembari ngemil entah masakan lauk yang sudah jadi atau mencuil bahan makanan seperti saus pasta atau keju. Hal ini bila terus dilakukan akan membuat tubuh kita gemuk. Walau memasak itu mengeluarkan tenaga tapi bila dilakukan sambil ngemil, maka asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan berlebihan.

2. Mengutak-atik Bahan

Aduh tak ada bahan X, diganti bahan Y saja ya? Aduh kurang bumbu X, diganti bumbu Y saja ya? Nah, hal ini pernahkah Anda lakukan ladies? Bila ternyata Anda kerap melakukan hal ini, maka bisa jadi penyebab kegemukan. Misalnya ketika sebuah resep menganjurkan Anda memakai secangkir krim tetapi Anda menggantinya dengan yogurt, artinya kalori dan lemak yang ditambahkan akan berbeda dan memengaruhi lingkar pinggang.

3. Terlalu Banyak Minyak

Minyak goreng dari kelapa sawit tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak. Bila Anda berinisiatif menggantinya dengan minyak zaitun atau minyak lainnya agar lebih rendah kolesterol, hal ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Karena bila digunakan secara salah – dipanaskan dalam suhu tinggi – khasiatnya bisa hilang.

4. Porsi Bahan Memasak

Anda akan membuat spagetti untuk suami tercinta? Maka Anda harus membuat takaran yang pas untuk bahan spagetti untuk makan malam Anda berdua. Bila takaran tidak pas, yang terjadi adalah porsi makanan menjadi ‘membengkak’ dan bila tersisa, Anda akan sayang membuangnya. Dibuang sayang, akhirnya dimakan. Wah jadi bertambah deh berat badan!

Memasak bukanlah hal yang susah, tapi bukan berarti kita boleh mengabaikan hal-hal selama proses memasak. Belajar disiplin bisa dari aktivitas memasak ladies. Bila Anda mampu memasak dengan cermat, tanpa ada makanan tersisa dan mengganti-ganti bahan dengan yang lebih berlemak dan berkolesterol. Rajin masak dan beraktivitas di dapur seharusnya bikin happy, bukan cemberut karena jarum timbangan makin turun bukan? Happy cooking

Share.

Leave A Reply