RANCAH POST – Tim Indonesia XI akhirnya harus mengakui kekalahan 0-2 dari Liverpool lewat gol Coutinho di babak pertama dan Raheem Sterling di babak kedua.

Indonesia tampil tanpa Boaz Solossa karena mengalami gangguan pada perutnya. Sementara itu Liverpool langsung menurunkan empat pemain anyarnya, antara lain penjaga gawang Simon Mignolet, bek gaek Kolo Toure, dan duo Spanyol Iago Aspas serta Luis Alberto dalam skema 4-2-3-1.

Bertanding di hadapan puluhan ribu penonton Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (20/7/2013) malam, anak-anak asuhan Jacksen F. Tiago bermain jauh lebih baik dibanding saat melawan Arsenal pekan lalu. Tim Garuda kali ini bisa mengimbangi The Reds.

Sayang, gawang Kurnia Meiga kebobolan cepat di menit ke-10 oleh gelandang serang Liverpool Philippe Coutinho. Gol ini berawal dari kerja sama Coutinho dengan Jose Enrique di sisi kanan pertahanan Indonesia, pemain tengah berambut kriwil asal Brasil itu lantas melakukan penetrasi yang gagal dibendung bek-bek Merah Putih.

Indonesia XI lantas beberapa kali mendapat peluang, seperti sundulan Titus Bonai memanfaatkan sepak pojok Hasim Kipuw pada menit ke-14 dan tendangan jarak jauh Sergio van Dijk pada menit ke-30 tapi keduanya masih belum bisa menembus gawang Mignolet.

Liverpool nyaris menggandakan keunggilannya menjadi 2-0 andai usaha Luis Alberto di akhir babak pertama tak menerpa tiang. Hingga turun minum, skor tetap 1-0 bagi keunggulan Liverpool.

Usai jeda, pelatih Liverpool Brendan Rodgers memasukkan sejumlah pemain muda seperti Raheem Sterling dan Oussama Assaidi. Begitu pula dengan Jacksen F. Tiago yang memasukkan Rizky Pellu.

Faktor stamina para pemain Indonesia yang sempat menjadi kekhawatiran saat memasuki babak kedua ternyata tidak terbukti. Skuad Garuda tetap bisa mengimbangi Si Merah dan bahkan beberapa kali membahayakan gawang lawan.

Keasyikan menyerang membuat tim Merah Putih lengah. Akibatnya gawang Indonesia pun kembali kebobolan di menit-menit akhir laga.

Serangan balik cepat Liverpool melalui Jordan Ibe dan Assaidi berhasil diselesaikan dengan baik oleh Sterling pada menit -88. The Reds pun menutup pertandingan dengan kemenangan 2-0.

Share.

Leave A Reply