Cara mempercepat kinerja laptop wajib untuk diketahui setiap pengguna. Dengan begitu penggunaan laptop akan lebih maksimal karena kinerja yang bagus.

Selain HP, laptop juga menjadi barang penting dan kerap digunakan setiap harinya. Mulai dari untuk bekerja, mengerjakan tugas atau untuk sekedar hiburan menonton film da lainnya.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu kinerja laptop pun akan menurun. Terutama bagi pengguna yang sering memasang aplikasi dan menyimpan banyak dokumen.

Ya, ada beberapa hal yang menyebabkan kinerja laptop menurun dan laptop pun jadi lemot.

Di antaranya adalah terinstall aplikasi berat yang memakan banyak RAM, kemudian terlalu banyak file dan folder yang memperlambat kinerja CPU, temporary file, dan lainnya.

Nah, setelah mengetahui penyebab-penyebabnya, sekarang kita akan membahas cara meningkatkan kinerja laptop kalian.

Tenang saja, cara-caranya cukup mudah untuk dipraktikkan oleh semua pengguna. Kami pun akan membahas satu persatu caranya sekarang juga.

Untuk itu, pastikan kalian menyimaknya sampai selesai, agar mengetahui apa saja yang dapat mempercepat kinerja laptop yang mulai lemot.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Berikut ini cara untuk mempercepat kinerja laptop Windows 10 dan Windows versi lainnya yang mudah untuk dipraktikkan, termasuk oleh pengguna yang masih pemula.

Tambah kapasitas RAM

Cara yang pertama untuk meningkatkan kinerja laptop adalah menambah kapasitas RAM. Ini bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi HP Xiaomi kalian yang lemot.

Kalian pun bisa memilih kapasitas RAM yang sudah banyak dijual di pasaran. Ketika laptop jadi cepat dan tak lemot lagi, kalian sebagai pengguna pun pasti sangat nyaman untuk menggunakannya dalam urusan pekerjaan, tugas sekolah, atau sekadar hiburan saja.

Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Cara mempercepat laptop berikutnya adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang bahkan sudah lama tidak digunakan.

Karena jika dibiarkan pun malah akan memakan kapasitas penyimpanan laptop kalian. Jika kalian sebelumnya suka menginstall banyak aplikasi atau game, sekarang mulai sortir aplikasi dan game yang jarang digunakan.

Kemudian, uninstall aplikasi dan game tersebut agar tidak mengganggu kinerja laptop kedepannya.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Kamera Laptop dengan Cepat Tanpa Ribet

Matikan program latar belakang yang tak penting

Meski mungkin dianggap sepele, namun mematikan program background yang tidak penting dapat berpengaruh besar pada kinerja laptop.

Program yang aktif dan berjalan di latar belakang akan memakan memori atau laptop kalian. Otomatis, performa laptop akan menurun apalagi jika kapasitas RAM di laptop kalian kecil.

Untuk mematikan program yang berjalan di latar belakang, silakan buka fitur Task Manager > Processes > pilih aplikasi yang akan ditutup > klik kanan > End task.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows

Bersihkan file sampah – Cara mempercepat kinerja laptop

Berikutnya kalian harus rajin membersihkan file sampah yang ada di laptop dengan menggunakan fitur Disk Cleanup.

Caranya, klik Start lalu ketik “Disk Cleanup” dan klik Open. Kemudian, pilih hard disk yang akan dibersihkan, klik OK.

Disk Cleanup

Setelah itu, pilih file yang ingin dibersihkan > OK > Delete Files. Dengan melakukan cara ini, penyimpanan laptop akan terbebas dari file-file yang tak terlalu penting.

Hilangkan animasi desktop

Jika kamu penyuka tampilan laptop yang luar biasa dan menggunakan efek animasi, sebaiknya kurangi hal tersebut jika ingin kinerja laptop lebih baik.

Pasalnya, efek animasi dan hal lainnya dapat membuat sistem bekerja lebih keras. Untuk meringankan beban kerja laptop, kamu bisa menghilangkan animasi desktop.

Scanning secara berkala – Cara mempercepat kinerja laptop

Melakukan scanning secara berkala cukup penting untuk mencegah virus atau malware di laptop. Seperti kita tahu, program berbahaya itu bisa berdampak kurang baik pada kinerja laptop.

Kamu bisa melakukan scanning laptop secara berkala agar laptop terbebas dari virus dan kinerjanya tetap terjaga.

Ketika proses scanning dilakukan, program berbahaya pun akan ditemukan dan langsung dibersihkan secara otomatis. Kamu bisa melakukan scanning malware/virus dengan menggunakan anti virus.

Perbarui sistem

Update sistem dapat memberikan berbagai manfaat bahkan perbaikan pada laptop. Tak menutup kemungkinan juga akan meningkatkan performa laptop secara keseluruhan.

Agar kondisi laptop tetap prima, kamu bisa melakukan update sistem secara berkala. Biasanya akan ada notifikasi update sistem yang harus dilakukan pengguna.

Ketika ada notif pembaruan, langsung perbarui sistem. Ada bisa juga mengeceknya dengan mengetik “check for updates” di menu Start, lalu klik Check for updates.

Check For Updates

Upgrade HDD ke SSD

Terakhir, kamu bisa mengganti HDD ke SSD. Cara ini juga bisa meningkatkan performa laptop.

SSD bakal menambah kecepatan Read/Write laptop kalian. Disarankan untuk menjadikan SSD sebagai media penyimpanan OS kalian. Lalu HDD sebagai file dan folder saja.

BACA JUGA: 9 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tak Mudah Rusak

Itu dia, satu persatu cara mempercepat kinerja laptop yang lemot yang telah kami bahas semuanya untuk kalian. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat!

Share.

Leave A Reply