Cara merawat baterai laptop dengan baik dan benar wajib untuk kalian ketahui agar baterai laptop bisa tahan lama serta tidak mudah rusak.

Pasalnya, baterai laptop adalah salah satu komponen yang rentan dan sensitif. Sehingga jika kalian kurang bisa merawatnya, maka akan berdampak pada daya tahan baterai.

Jika kerusakan sudah terjadi, pastinya akan berpengaruh juga pada kinerja laptop. Kita pun tidak bisa menggunakan laptop secara maksimal akibat kerusakan baterai.

Jika tidak mau hal itu terjadi, kalian pun harus merawat baterai laptop dengan benar. Mengingat, biaya perbaikan dan penggantian baterainya pun tidak murah.

Bagi kalian yang baru menggunakan laptop dan belum mengetahui cara merawat baterainya, silakan simak pembahasan di bawah ini.

Cara-caranya dijamin mudah untuk dipraktikkan setiap hati. Dengan begitu, kalian pun bisa menghindari berbagai permasalahan yang bisa terjadi pada baterai karena salah cara perawatannya.

Cara Merawat Baterai Laptop

Berikut ini beberapa tips-tips untuk merawat baterai laptop yang mudah tapi ampuh untuk membuat baterai awet dan tidak mudah rusak.

Charge menggunakan kabel charger asli

Cara pertama untuk merawat baterai laptopmu adalah dengan selalu men-charge laptop dengan kabel charger yang original. Pasalnya, kabel charger yang kalian pakai sangat mempengaruhi kondisi baterai laptop.

Ketika kamu menggunakan kabel abal-abal, dapat membuat arus listrik menjadi tidak stabil. Alhasil, baterai laptop akan cepat rusak karena lonjakan arus yang terlalu besar atau kecil.

Jangan biarkan laptop kehabisan daya

Selain men-charge menggunakan charger original, kalian juga sebaiknya yang membiarkan laptop mati total akibat kehabisan daya.

Untuk mencegah laptop kehabisan daya, segera lakukan charge sebelum daya baterai di bawah 20%. Jika kamu menyepelekan hal ini dan membiarkan baterai kehabisan daya, hal itu bisa berakibat buruk.

Tak menutup kemungkinan komponen dalam baterai jadi cepat rusak. So, pastikan jangan menyepelekan cara yang satu ini ya, guys.

BACA JUGA: Cara Kalibrasi Baterai Laptop, Biar Laptop Tetap Sehat

Kontrol waktu penggunaan

Cara merawat baterai laptop berikutnya adalah dengan mengontrol waktu penggunaan laptop. Hindari menggunakan laptop terlalu lama, dan pentingkan sejenak untuk istirahat.

Selain untuk merawat baterai laptop, melakukan cara ini juga bisa dijadikan pengguna sebagai waktu beristirahat.

Atur kecerahan mode rendah

Hal yang satu ini juga terlihat sepele, namun cukup penting untuk mengatur cahaya layar laptop kalian di mode rendah untuk menjaga baterai agar tetap awet.

Jika mengatur kecerahan terlalu terang, maka bisa memakan banyak daya baterai dan cepat habis.

Selain itu, mengatur kecerahan mode rendah juga baik untuk kesehatan mata. Kalian bisa mendapat dua keuntungan ketika melakukan cara ini.

Jangan sampai overheat

Berlama-lama di depan layar laptop untuk mengerjakan tugas atau nonton film merupakan aktivitas yang sering dilakukan orang-orang.

Tapi, pemakaian yang terlalu lama bisa membuat laptop mengalami overheat. Overheat bisa menjadi salah satu penyebab baterai laptop cepat rusak.

Cara ini berkaitan dengan cara sebelumnya, yakni kamu harus mengontrol waktu penggunaan untuk menghindari laptop overheat.

Jangan cas laptop terus menerus

Cara merawat baterai laptop yang berikutnya adalah jangan biarkan laptop kalian dalam keadaan mengecas terus menerus.

Segera cabut kabel charger jika daya baterai laptop sudah terisi penuh. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat baterai laptop mudah panas.

Apabila kamu sedang mengecas laptop dan sudah terlalu lama, lalu merasakan hawa panas dari perangkat, segera cabut charger laptop dan biarkan suhunya menurun.

Lepas periferal yang tidak dipakai

Periferal adalah hardware tambahan yang dihubungkan di laptop, di antaranya seperti webcam, USB printer, USB mouse, dan lainnya.

Tujuannya untuk meningkatkan kegunaan dan membantu pekerjaan. Namun sebaiknya segera cabut kabel periferal atau USB jika sudah tidak digunakan.

Pasalnya, kabel periferal juga menarik daya baterai bahkan ketika tidak kalian gunakan. Alhasil, baterai pun jadi boros dan rentan mengalami kerusakan.

Update software

Cara merawat baterai laptop yang terakhir adalah dengan melakukan update pada software di laptop kalian secara berkala. Dengan update software dapat memperbaiki bugs atau memperpanjang daya tahan baterai.

Aktifkan mode penghemat baterai

Terakhir, aktifkan mode hemat baterai untuk membuat baterai lebih awet. Kalian tak perlu menginstall aplikasi penghemat baterai, karena di Windows sudah tersedia fitur battery saver yang bisa kalian gunakan.

Dengan mengaktifkan mode hemat baterai, bisa membantu pemakaian baterai lebih awet dan memperpanjang masa pemakaian baterai laptop.

BACA JUGA: Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi

Itulah beberapa cara merawat baterai laptop yang mudah untuk dipraktikkan namun tentu ampuh untuk menjaga kesehatan baterai dan membuatnya tetap awet. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply