Cara Menampilkan Notifikasi – Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah notifikasi. Ya, Notifikasi merupakan sebuah pemberitahuan yang cukup penting dan harus ada di semua jenis smartphone.

Tanpa adanya notifikasi kamu tidak bisa melihat berbagai pemberitahuan masuk dari aplikasi-aplikasi yang terinstall di perangkat tersebut. Cara menampilkan notifikasi aplikasi yang hilang ini sendiri cukup mudah dilakukan, terutama di HP Realme.

Notifikasi ini memiliki peran penting pada sebuah smartphone, karena jika tidak muncul pada status bar maka kamu tidak akan mengetahui ada pesan atau pemberitahuan lainnya yang masuk ke HP tersebut.

Tak hanya itu, notifikasi juga akan memberikan pemberitahuan mengenai musik yang sedang kamu putar, pembaruan aplikasi, informasi kesalahan atau error pada HP dan peringatan malware.

Jadi jika notifikasi pada HP kamu hilang atau tidak muncul akan membuat HP sedikit bermasalah. Hal ini biasanya disebabkan oleh kesalahan dalam mengatur notifikasi sebelumnya dan lupa cara mengembalikannya agar notifikasi bisa muncul kembali.

Nah, jika hal tersebut juga terjadi pada smartphone Realme yang sedang kamu gunakan, kamu bisa coba cara berikut ini agar notifikasi pada HP muncul kembali.

Tapi sebelumnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari hilang atau tidak munculnya notifikasi pada HP.

Penyebab Notifikasi Tidak Muncul

Ada beberapa penyebab yang mungkin membuat notifikasi pada HP yang kamu gunakan tidak muncul. Berikut diantaranya:

  1. Tidak Sengaja Menonaktifkan Fitur Notifikasi pada Aplikasi.
  2. Setelan Notifikasi Pada Aplikasi Tidak Aktif.
  3. Aplikasi Tidak Beroperasi di Latar Belakang HP.
  4. Kapasitas RAM Penuh, sehingga kinerja HP Tidak Optimal.
  5. Penuhnya Memori Internal.
  6. dan lainnya.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Led Notifikasi Realme

Cara Menampilkan Notifikasi Aplikasi yang Hilang di HP Realme

Jika kamu sudah mengetahui penyebab notifikasi aplikasi di HP Realme yang kamu gunakan tidak muncul atau hilang, kamu akan lebih mudah untuk mengatasinya. Berikut ada beberapa cara untuk menampilkan notifikasi aplikasi di HP Realme:

Pastikan Perizinan Notifikasi Aktif

Pertama, kamu harus memastikan izin notifikasi dari aplikasi yang tidak muncul notifnya hidup atau aktif, karena mungkin saja kamu tidak sengaja menonaktifkan fitur notifikasi, sehingga membuat notifikasi salah satu aplikasi yang kamu butuhkan pemberitahuannya tidak muncul.

Ini dia langkah-langkah untuk mengelolanya:

  • Pertama buka menu Pengaturan atau Setelan di HP Realme yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya, pilih opsi Notifikasi & Bilah Status.

    Pilih Notifikasi dan Bilah Status
    Pilih Notifikasi dan Bilah Status. (IST)
  • Lalu pilih opsi Notifikasi Aplikasi.
  • Kemudian cek notifikasi pada aplikasi mana yang belum aktif yang menyebabkan pemberitahuan dari aplikasi tersebut tidak muncul.

    Aktifkan Notifikasi
    Aktifkan Notifikasi. (IST)
  • Untuk mengaktifkannya, kamu bisa menger toggle ke samping kanan hingga berwarna biru.
  • Selesai.

Cara Menampilkan Notifikasi dengan Cek Perizinan Notifikasi Lainnya

Selain pengaturan notifikasi sistem dan aplikasi, kamu juga harus mengecek bagian lain yang mungkin menyebabkan notifikasi tidak muncul bahkan hilang.

Jika kamu ingin notifikasi berbunyi, maka kamu bisa cek setelan nada dering dan getar default pada menu Suara & Getaran.

Ini dia langkah-langkahnya:

  • Pertama buka menu Setelan di HP Realme yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya pilih Suara & Getaran.

    Pilih Suara dan Getaran
    Pilih Suara dan Getaran. (IST)
  • Lalu pilih opsi Notifikasi.

    Pilih Bunyi Notifikasi
    Pilih Bunyi Notifikasi. (IST)
  • Pada opsi tersebut, kamu bisa memilih notifikasi yang diinginkan.
  • Kamu juga bisa custom nada notifikasi dari nada atau musik yang kamu miliki.
  • Selesai.

Pastikan Koneksi Internet HP Stabil

Selain mengatur pengaturan notifikasi pada HP, kamu juga harus memperhatikan koneksi internet yang kamu miliki, karena untuk mendapatkan notifikasi secara real-time, kamu harus memiliki koneksi internet yang kamu gunakan benar-benar stabil.

Karena koneksi internet yang buruk bisa menyebabkan notifikasi telat masuk atau tidak muncul sama sekali. Kamu bisa coba mengecek kecepatan internet dengan memanfaatkan aplikasi speedtest, jika kamu benar-benar ingin on time saat notifikasi masuk.

BACA JUGA: Cara Mengubah Izin Aplikasi di HP Realme

Demikianlah cara menampilkan notifikasi aplikasi di HP Realme yang hilang atau tidak muncul yang bisa kamu lakukan. Cukup mudah bukan?

Share.

Leave A Reply