Cara mengatasi HP Xiaomi fastboot bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah. Kalian pun wajib mengetahui caranya agar bisa langsung mempraktikkannya saat HP mengalami fastboot.

Kamu tak perlu bingung-bingung lagi, tinggal praktikkan metode yang menurutmu paling mudah. Tapi memang tidak semua orang tahutata caranya, mungkin juga termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini.

Oleh karena itu, Rancah Post hadir untuk memberikan tutorial lengkapnya untuk kalian.

Ketika HP Xiaomi tiba-tiba masuk ke mode fastboot, bisa saja terjadi karena ketidaksengajaan penggunanya. Misalnya mereka sengaja atau tidak sengaja menakan tombol power dan volume bawah.

Pastinya hal ini membuatmu panik dan ingin segera keluar dari mode tersebut. Saat masuk ke mode fastboot, tampilan layar HP kalian akan diam dengan logo adanya logo Xiaomi.

Bisa masuk ke mode fastboot lantaran kalian secara sengaja mengakses menu Recovery Mode di HP. Bagi pengguna yang suka mengotak-atik HP, tidak asing dengan hal tersebut.

Lain halnya dengan orang-orang awam. Sehingga mode fastboot ini hanya disiapkan untuk pengguna yang tahu dasar flash.

Lantas apakah fungsi Xiaomi fastboot? Ya, fastboot biasanya hadir dengan Software Development Kit atau SDK yang fungsinya seperti Recovery.

Itu merupakan sebuah sistem dasar yang berfungsi untuk merubah software pada HP. Biasanya fitur tersebut dipakai oleh para teknisi HP untuk melakukan flashing ulang sistem, cek keaslian perangkat, ubah partisi dan lainnya.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Berikut ini beberapa metode untuk keluar dari mode fastboot Xiaomi. Kalian pun tak perlu panik karena semua pasti ada cara untuk mengatasinya!

Tekan tombol power dan volume bersamaan

Metode pertama untuk keluar dari mode fastboot Xiaomi adalah dengan tombol fisik, yakni menekan kombinasi tombol power dan volume secara bersamaan.

Ketika HP kalian dalam mode fastboot, silakan tekan dan tombol power + volume bawah secara bersamaan.

Tunggu sampai logo MI muncul. Jika sudah, langsung lepaskan tombol power dan tombol volumenya.

Setelah itu, biarkan HP sampai proses loading selesai. Dan HP Xiaomi kalian pun berhasil keluar dari mode fastboot dan akan kembali seperti semula.

Tekan tombol power

Cara mengatasi HP Xiaomi fastboot berikutnya adalah dengan menekan tombol fisik. Jika cara sebelumnya menekan dua tombol, maka cara yang satu ini hanya menekan satu tombol, yakni tombol power.

Kamu hanya perlu menekan tombol power selama 8 sampai 10 detik atau sampai HP yang dalam mode fastboot jadi mato.

HP pun akan melakuak reboot secara otomatis, ketika HP menyala maka kalian sudah keluar dari mode fastboot. HP pun akan kembali seperti semula. Selesai!

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri dengan Mudah, Jangan Panik Dulu!

Lepas baterai HP

Melepas baterai bisa juga kamu lakukan untuk mengatasi HP Xiaomi fastboot. Namun tentunya cara ini hanya bisa digunakan oleh HP Xiaomi tipe lama yang belum menggunakan baterai tanam.

Setelah melepas baterai, silakan pasang kembali dan nyalakan HP seperti biasa engan menekan tombol power.

Dan ketika HP menyala, pasti sudah keluar dari mode fastboot dan kembali ke menu utama Xiaomi.

Sebenarnya bagi pengguna Xiaomi dengan baterai tanam, cara ini juga bisa dilakukan. Namun sama sekali tidak disarankan.

Pasalnya, caranya cukup merepotkan dan ditakutkan terjadi hal tak diinginkan. Sehingga sebaiknya kalian menggunakan metode pertama atau metode kedua.

Penyebab HP Xiaomi masuk mode fastboot

Selain karena tidak sengaja menekan tombol power dan volume bawah saat HP baru dinyalakan, ada beberapa penyebab lain yang membuat ponsel masuk ke mode fastboot.

Sehingga tak melulu karena kalian menekan tombol power dan volume down. Bagi yang penasaran, berikut ini beberapa penyebab HP Xiaomi masuk mode fastboot.

  • Gagal melakukan rooting.
  • Masalah saat mengisi daya baterai HP.
  • ROM atau Firmware Android (MIUI) gagal dimuat, yang akhirnya masuk ke mode fastboot.
  • Gagal dalam proses flashing.
  • Gagal update ROM atau MIUI baru, dan lain-lain.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe, Paling Ampuh!

Itulah cara mengatasi HP Xiaomi fastboot yang bisa dilakukan di semua tipe Xiaomi. Namun jika kondisi ini terjadi berulang kali, kamu bisa memutuskan untuk memperbaikinya ke tempat service HP. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply