Cara mengatasi HP Xiaomi mati sendiri mungkin masih banyak Mi Fans yang belum mengetahuinya. Apalagi bagi mereka yang kurang begitu paham dengan permasalahan yang terjadi pada ponselnya.

Permasalahan HP mati sendiri merupakan hal yang sudah sering terjadi. Pastinya kita sangat kesal ketika HP yang sedang digunakan mendadak mati dengan sendirinya. Hal itu pun dapat mengganggu aktivitas saat menggunakan handphone.

Apalagi kita sedang menggunakannya untuk main game, menelpon, nonton film, atau aktivitas penting lainnya, pasti akan sangat mengesalkan jika HP tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Sebenarnya ada berbagai penyebab yang bisa membuat HP Xiaomi kalian tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Di antaranya seperti terlalu panas atau over heat, kapasitas memori internal habis, kapasitas RAM habis, ada virus atau malware, belum update software, dan lainnya.

Jika permasalahan HP mati sendiri sedang kamu alami, ada beberapa cara untuk mengatasinya yang bisa dilakukan dengan mudah sebelum memutuskan memperbaikinya ke tukang service.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi HP Xiaomi yang suka mati dengan sendirinya. Simak baik-baik pembahasannya sampai selesai, ya!

Update sistem operasi

Bisa jadi penyebab HP Xiaomi kalian sering mati sendiri adalah gara-gara sistem operasi yang kadaluarsa. Sehingga untuk mengatasinya, kalian bisa meng-update sistem operasi denagn versi terbaru.

Selain bisa mengatasi HP yang sering mati sendiri, meng-update sistem operasi juga membuatmu bisa menikmati fitur baru. Kemudian, bug yang ada pada versi sistem operasi sebelumnya akan diperbaiki dan HP akan beroperasi dengan normal.

Hapus aplikasi dan game yang tak dipakai

Cara mengatasi HP Xiaomi sering mati berikutnya adalah menghapus aplikasi dan game yang sekiranya sudah jarang atau bahkan tidak dipakai lagi.

Terlalu banyak aplikasi atau game yang terinstall di HP, bisa membuat CPU bekerja lebih keras dan memakan banyak RAM.

Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga berjalan di latar belakang dan bisa menyedot kuota internet kalian. Oleh karenanya, uninstall saja aplikasi atau game yang menurutmu sudah tidak penting lagi.

BACA JUGA: Cara Mengubah Status Bar Xiaomi Menjadi iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Hapus cache

Berikutnya silakan hapus cache dan file sampah yang sudah menumpuk di HP kalian. Karena cache yang dibiarkan menumpuk dapat menyebabkan proses data di sistem dan menguras kinerja CPU serta RAM.

Alhasil ponsel kalian jadi lemot, sering error, mati dengan sendirinya, dan banyak aplikai yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Untuk itu, silakan hapus cache aplikasi dan file sampah yang ada di HP. Jangan lupa penghapusan cache harus dilakukan secara berkala, jangan tunggu sampai menumpuk!

Jangan gunakan HP sampai panas

Salah satu penyebab HP Xiaomi mati sendiri adalah overheat, sehingga untuk mengatasinya jangan hindari penggunaan HP sampai panas.

Jika sudah mulai panas, istirahatkan handphone beberapa saat sampai suhunya normal kembali. Setelahnya, kalian baru bisa menggunakannya kembali.

Hal ini dilakukan untuk menghindari handphone agar tidak overheat yang diakibatkan penggunaan handphone dalam waktu yang lama. Misalnya untuk main game berjam-jam yang pastinya membuat HP jadi panas.

Uninstall aplikasi yang bermasalah

Selain aplikasi yang jarang digunakan, uninstall juga aplikasi yang bermasalah untuk mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri.

Ketika kalian menjalankan suatu aplikasi namun tiba-tiba HP mati sendiri, maka sebaiknya uninstall aplikasi tersebut. Cari dan uninstall juga aplikasi-aplikasii yang pernah kalian install anmun bukan dari Google Play Store.

Pasalnya, tak menutup kemungkinan aplikasi tersebut sudah disusupi program jahat yang bisa merugikan penggunanya.

Copot kartu SD

Dalam sejumlah kasus, kartu SD yang dipasang di HP Xiaomi bisa membuat sistem menjadi error atau handphone jadi sering mati sendiri.

Jika kamu sekarang menggunakan kartu SD dan HP sering mati sendiri, cobalah copot kartu SD tersebut dan lakukan restart pada HP.

Lakukan reset

Cara mengatasi HP Xiaomi yang sering mati sendiri ini cukup ekstrim, yakni dengan melakukan reset. Apabila semua cara sudah dilakukan namun ternyata belum juga berhasil, kalian bisa menggunakan cara yang satu ini.

Umumnya proses reset dapat mengatasi beragam permasalahan terkait HP sering mati sendiri, menu error, WiFi error, dan lainnya.

Biasanya untuk mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri adalah dengan menggunakan metode factory reset, di mana semua akan kembali ke setelan pabrik dan sistem yang error akan dinormalkan seperti semula. Klik di sini untuk mengetahui cara reset Xiaomi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di HP Xiaomi

Satu persatu cara mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri atau mati dan hidup lagi dengan sendirinya telah selesai kami bahas. Caranya cukup mudah untuk dipraktikkan, bukan?

Share.

Leave A Reply