Cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di HP Xiaomi ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Asalkan tahu caranya, pasti bisa melakukannya dengan lancar tanpa ada kendala lagi.

Aplikasi tidak menanggapi menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami banyak pengguna smartphone, termasuk Xiaomi.

Ya, permasalahan tersebut biasanya lebih sering terjadi pada handphone dengan kapasitas RAM kecil tapi pengguna menginstall game berat, melakukan editing foto, atau terlalu berlebihan menginstall aplikasi.

Kejadian ini pasti akan sangat membuat kita tidak nyaman, apalagi jika aplikasi yang bermasalah itu benar-benar sedang dibutuhkan.

Selain karena kapasitas RAM, ada juga permasalahan lain yang menyebabkan aplikasi tidak menanggapi.

Di antaranya seperti adanya bugs pada sistem dan aplikasi sehingga membuat aplikasi tidak stabil saat dioperasikan.

Bisa karena aplikasi tidak kompatibel dengan versi Android di HP kalian. Selanjutnya, bisa juga karena kapasitas RAM penuh akibat aplikasi yang berjalan di background dan kamu membuka banyak aplikasi secara sekaligus (multitasking).

Selain itu, masih ada beberapa hal lain yang menyebabkan aplikasi tidak menanggapi di HP kalian. Nah, setelah membahas penyebabnya, kami pun akan membahas juga tata cara mengatasinya.

Penasaran bagaimana caranya? Jika iya, langsung saja silahkan simak tutorial lengkapnya di bawah ini, teman-teman.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi

Dengan melakukan beberapa metode di bawah ini, permasalahan aplikasi yang error dapat teratasi.

Mulai ulang (restart) HP

Langkah pertama untuk atasi aplikasi tidak menanggapi di HP Xiaomi adalah dengan me-restart HP. Bisa saja masalah tersebut terjadi akibat service sistem dan aplikasi yang tidak berjalan optimal.

Untuk itu, silahkan coba restart HP kamu sekarang juga. Caranya, tekan dan tahan tombol power lalu klik Mulai ulang.

Setelah HP nyala kembali dan aplikasi tersebut bisa digunakan, maka cara ini berhasil dan kamu pun tak perlu mempraktikkan metode selanjutnya. Sebaliknya, jika belum berhasil silahkan ikuti tips-tips selanjutnya.

Bersihkan cache di HP

Cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di HP Xiaomi berikutnya adalah dengan membersihkan cache sistem dan aplikasi yang sedang ada masalah itu.

Jika sebelumnya kamu mengabaikan membersihkan cache di HP, maka mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk itu.

Pasalnya, membersihkan cache aplikasi secara berkala sangat penting. Penumpukan file cache bisa menyebabkan masalah pada aplikasi.

Cara membersihkan cache bisa dilakukan dengan dua metode, yakni secara manual dan menggunakan aplikasi pembersih bawaan Xiaomi.

Jika ingin secara manual, kalian harus membuka menu Aplikasi di aplikasi Setelan. Setelah itu, klik menu Kelola aplikasi dan pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya.

Klik Hapus data > bersihkan cache lalu klik Oke. Cache aplikasi pun akan dihapus saat itu juga.

Kemudian, bisa juga menggunakan aplikasi Pembersih Xiaomi. Cukup buka aplikasi Pembersih lalu tunggu sampai proses pemindaian selesai, terakhir klik Bersihkan.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot dengan Mudah Agar Ngebut Lagi

Hapus data aplikasi

Jika menghapus cache saja belum cukup, kamu pun bisa mencoba mencoba menghapus sekalian dengan data aplikasinya.

Metode ini bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi aplikasi bermasalah. Namun perlu diketahui, menghapus data artinya menghapus berbagai data yang ada di aplikasi dan kembali ke posisi awal.

Untuk itu, pastikan kamu sudah mem-backup data-datanya sebelum dihapus. Cara menghapus data sama seperti cara menghapus cache secara manual, namun yang harus dipilih adalah opsi Hapus data.

Update sistem dan aplikasi

Cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di HP Xiaomi berikutnya adalah meng-update sistem dan aplikasi. Karena bisa saja penyebab aplikasi tidak menanggapi karena bugs pada MIUI.

Untuk itu, silahkan update sistem agar bisa menikmati fitur baru, perbaikan, hingga peningkatan performa.

Selain update sistem, update juga aplikasi yang terinstall di HP kalian untuk mengatasi permasalahan aplikasi tak merespons.

Reset HP

Jika semua cara di atas masih belum juga berhasil, kamu bisa melakukan cara yang terakhir yakni melakukan reset.

Dengan metode ini, ponsel akan kembali ke setelan awal dan menghapus semua data yang ada di penyimpanan internal HP.

Sama seperti metode menghapus data, kamu juga harus mem-backup semua data penting yang ada di HP sebelum melakukan reset. Klik di sini untuk melihat tutorial lengkap cara reset HP Xiaomi.

Namun perlu diingat, bahwa cara ini adalah cara yang paling terakhir dilakukan. Jangan terburu-buru me-reset HP dan cobalah melakukan hapus data saja pada aplikasi yang bermasalah.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Satu persatu cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di HP Xiaomi telah selesai dibahas. Caranya cukup mudah dan ampuh, bukan? Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian.

Share.

Leave A Reply