Cara cek RAM HP Realme seringkali dilakukan untuk mengetahui seberapa besar ruang penyimpanan yang tersisa dan bisa digunakan untuk menyimpan berkas atau foto.

Seperti kita ketahui, HP Realme merupakan salah satu smartphone terbaik dan masuk ke golongan HP dengan harga murah, tak heran jika banyak orang yang menggunakan HP ini.

Meskipun dibandrol dengan harga murah, tapi HP Realme menawarkan spesifikasi dan fitur yang tak kalah canggih jika dibandingkan dengan smartphone brand lainnya.

Contohnya saja, HP Realme memiliki rata-rata kapasitas penyimpanan 2GB, 4GB, 8GB, hingga 12GB.

Jadi semakin besar ukuran RAM HP Realme, maka semakin besar juga ruang penyimpanan HP yang bisa kamu gunakan untuk menginstall aplikasi dan file lainnya.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui RAM atau ruang penyimpanan di HP Realme? Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk mengetahuinya. Jika kamu belum mengetahui caranya, kamu bisa coba ikuti langkah-langkah di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi di HP Realme

Cara Cek RAM HP Realme

1. Cek RAM HP Realme Melalui Pengaturan HP

Pertama kamu bisa mengecek RAM HP Realme melalui Pengaturan HP. Cara ini cukup mudah dilakukan, ini dia langkah-langkahnya:

  • Pertama buka Pengaturan HP Realme yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya cari menu Tentang Perangkat.

    Tentang Perangkat
    Tentang Perangkat. (IST)
  • Lalu pilih opsi Penyimpanan.

    Pilih Penyimpanan
    Pilih Penyimpanan. (IST)
  • Nantinya akan muncul grafik penyimpanan di HP yang kamu gunakan lengkap dengan informasi jumlah RAM, penyimpanan terpakai, dan jumlah penyimpanan yang bisa digunakan.

    Keterangan RAM HP
    Keterangan RAM HP. (IST)
  • Melalui menu tersebut akmu juga bisa menghapus file-file cache sampah yang menumpuk.

Cara ini bisa kamu gunakan hampir di semua jenis HP Realme dengan berbgaai tipe yang berbeda dan kamu bisa sekaligus menghapus cache file sampah yang menumpuk yang menyebabkan ruang penyimpanan penuh.

2. Cek RAM HP Realme Melalui Aplikasi CPU-Z

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu dengan memanfaatkan aplikasi ketiga yaitu aplikasi CPU-Z. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis Google Play Store.

Ini dia langkah-langkah penggunaannya:

  • Pertama-tama download dan pasang aplikasi CPU-Z di smartphone Realme yang kamu gunakan.
  • Jika aplikasi tersebut sudah terpasang dengan baik, buka aplikasi. Aplikasi ini akan secara otomatis menganalisis sistem penyimpanan hingga selesai.
  • Setelah itu pilih menu device, maka nantinya ospi tersebut akan menampilkan informasi detail mengenai ruang penyimpanan dan spesifikasi HP Realme tersebut, termasuk kapasitas RAM HP Realme.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Realme Ngehang

Itulah cara cek RAM HP Realme yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui seberapa besar ruang penyimpanan dan ruang yang tersisa yang bisa kamu gunakan .

Share.

Leave A Reply