Cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi di smartphone Android, terutama di HP Realme saat ini bisa diatasi dengan berbagai metode.

Seperti kita ketahui tombol home dan recent memiliki peran penting pada sistem Android, karena jika kedua tombol tersebut rusak, HP tidak bisa beroperasi secara optimal.

Apalagi saat ini semua smartphone sudah menggunakan full touchscreen atau layar sentuh. Dengan begitu berbagai teknologi diterapkan agar smartphone tidak memiliki banyak tombol.

Jadi tombol-tombol tersebut dipasangkan sebagai bagian dari software yang ada di bagian bawah layar, pada beberapa smartphone tombol back home dan recent masih ada, salah satunya pada HP Realme.

Tidak berfungsinya tombol back home dan recent bisa saja terjadi karena smartphone sering overheat alias kepanasan, tidak pada HP Realme saja, hal ini juga bisa terjadi pada smartphone jenis lainnya, seperti Oppo, Xiaomi, Huawei, Samsung, Asus, Vivo dan lainnya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Realme Ngehang

Ulasan Tombol Back Home dan Recent

Dikutip dari beberapa sumber, tombol back home ini berfungsi untuk menavigasikan layar utama, sedangkan tombol recent berfungsi untuk menampilkan aplikasi apa saja yang sudah kamu akses dalam waktu baru.

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika penggunaan HP semakin lama, maka performa HP tersebut juga akan menurun, tak jarang beberapa kendala terjadi pada tombol back home dan recent.

Penyebab lainnya yang sering terjadi karena adanya kendala pada sistem perangkat atau kerusakan pada touchscreen HP. Jika kedua tombol ini tidak bisa digunakan dengan baik, maka aktivitas pada smartphone pun akan terganggu, untuk itu kamu harus segera memperbaikinya.

Sebelum kamu membawanya ke tukang service, alangkah baiknya kamu mencoba mengatasinya secara mandiri jika masih mungkin. Kamu bisa coba metode di bawah ini untuk mengetahui cara mengatasi tombol back home dan recent yang tidak berfungsi di HP Realme.

Cara Mengatasi Tombol Back home dan Recent Tidak Berfungsi di HP Realme

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki atau mengatasi tombol back home dan recent yang tidak berfungsi:

Mulai ulang Perangkat atau Restart

Restart HP
Restart HP. (IST)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan muat ulang atau restart pada smartphone yang kamu gunakan. Tombol back home atau resent yang tidak berfungsi dengan baik, bisa saja terjadi karena HP overload atau sistem Android terlalu keras bekerja membuka banyak aplikasi.

Hal tersebut akan membuat kinerja HP lambat, untuk itu kamu bisa memulai ulang atau restart HP untuk mengatasinya. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi berbagai kendala yang terjadi pada sistem Android.

Periksa Pembaruan Sistem Android

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tombol back home dan recent yang tidak berfungsi dengan baik yaitu dengan memberikan pembaruan sistem Android HP Realme yang kamu gunakan.

Karena bisa saja, versi sistem Android yang kamu gunakan kadaluarsa, dan hal tersebut akan menurunkan kemutakhiran sistem dan menyebabkan muncul banyak bug, sehingga tombol HP kamu tidak bisa berfungsi secara optimal.

Unroot HP

Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu baru saja melakukan root pada HP Realme dan menyebabkan tombol back home dan recent tidak berfungsi dengan baik.

Root memang jadi salah satu kendala yang menyebabkan kerusakan pada sistem Android dan mengakibatkan tombol navigasi tidak berfungsi dengan baik. untuk itu kamu perlu melakukan unroot.

Selain itu, tombol back home dan recent yang tidak bisa berfungsi dengan baik juga bisa terjadi karena kamu menggunakan custom ROM yang tidak kompatibel.

Masuk Mode Safe

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan yaitu dengan menggunakan mode safe. Cara ini diklaim sebagai cara alternatif untuk mengatasi tombol HP yang tidak bekerja dengan baik.

Mode ini bisa digunakan untuk memeriksa apakan ada aplikasi yang menyebabkan kendala atau membuat sistem bermasalah.

Cara ini cukup mudah dilakukan, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama matikan smartphone Android yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan dalam beberapa detik hingga muncul logo Android dan beberapa menu.
  • Pilih menu Reboot to Safe Mode dan klik Ok untuk mengkonfirmasinya.
  • Tunggu beberapa saat dan HP akan restart otomatis dan masuk ke safe mode.
  • Selesai.

BACA JUGA: Cara Transfer ShopeePay ke ShopeePay Pengguna Lain

Demikianlah cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi di HP Realme yang bisa kamu lakukan. Cukup mudah bukan?

Share.

Leave A Reply