Ada cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara yang cukup ampuh, sehingga bisa kalian coba sendiri di rumah. Namun tentunya hal ini tergantung tingkat kerusakan HP.

Jadi, tak menutup kemungkinan cara ini tidak berhasil pada beberapa kasus. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba, jika berhasil maka kamu pun tak perlu pergi ke tempat service HP.

Tidak adanya suara pada HP tentu membuat penggunaan HP jadi tidak maksimal. Kita tidak bisa mendengarkan suara saat memutar musik, video, bahkan notifikasi pesan atau panggilan.

Permasalahan tidak ada suara pada HP Xiaomi cukup sering terjadi. Ada banyak hal yang menyebabkan HP Xiaomi tidak ada suara.

Bisa jadi karena kemasukkan air, terjatuh, atau bisa juga tiba-tiba terjadi tanpa sebab yang pasti.

Penyebab lainnya bisa karena masalah bug atau error. Bug juga dapat membuat HP kalian tidak ada suara.

Lalu bisa juga karena ada kerusakan pada bagian komponen speaker sehingga tak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Padahal speaker adalah komponen yang penting dalam sebuah perangkat. Jika mengalami kerusakan, secara otomatis pengguna tidak dapat mendengarkan suara apapun dari ponselnya.

Jika permasalahan speaker tidak ada suara sedang kamu alami, Rancah Post akan memberikan tutorial untuk mengatasinya.

Sebelum menyimak tutorialnya, pastikan dulu speaker tersebut benar-benar tidak berfungsi. Bisa saja speaker tidak ada suaranya karena kamu mengaktifkan mode hening, atau pengaturan volume yang rendah.

Setelah memastikan bahwa kamu tidak mengaktifkan mode hening dan pengaturan volume sudah full tapi tetap tidak ada suaranya, silakan ikuti tutorial di bawah ini untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Langsung saja, ini dia cara mengatasi smartphone Xiaomi yang speaker-nya mengalami kerusakan dan mendadak tidak ada suaranya.

Restart atau mulai ulang HP

Menonaktifkan mode hening dan mengecek pengaturan volume merupakan langkah awal untuk mengatasi HP Xiaomi kalian yang tidak mengeluarkan suara.

Jika hal itu sudah dicek namun perangkat masih tidak bersuara, kalian bisa me-restart atau memulai ulang ponsel Xiaomi.

Cara restart HP Xiaomi bisa dilakukan dengan dan tanpa tombol power. Namun biasanya seseorang akan me-restart HP dengan menekan tombol power lalu klik Mulai ulang. Tunggu sampai perangkat kembali menyala.

Jika speaker HP kamu tidak ada masalah lanjutan, seharusnya speaker akan kembali normal setelah HP di-restart.

Namun jika ternyata cara tersebut tidak berhasil, kemungkinan ada kerusakan pada komponen. Kamu pun bisa melakukan cara berikutnya.

Cek speaker dengan kode

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara selanjutnya adalah dengan kode dial. Diharapkan dengan kode ini suara di HP kalian akan kembali muncul seperti biasanya.

Caranya, buka aplikasi Telepon lalu ketik kode dial *#*#64663#*#*. Kamu akan diarahkan ke menu hardware test. Pada menu ini kamu bisa mengecek info versi, SD Card, keyboard test, hingga mengecek speaker.

Apabila tidak ada kerusakan, dengan cara ini maka speaker kalian akan berbunyi walau mode hening diaktifkan.

Namun jika tetap tidak ada suaranya, bisa saja speaker kamu memang bermasalah dan perlu diperbaiki ke tempat service ponsel.

BACA JUGA: 7 Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

Update OS Android

Seperti dijelaskan tadi, penyebab HP Xiaomi tidak ada suara bisa terjadi karena bug pada sistem operasi Android.

Sehingga untuk mengatasinya, silakan update versi terbaru pada HP Xiaomi kalian. Maka sebelum memutuskan pergi ke tempat service HP, coba dulu cara yang satu ini.

Caranya buka menu Setelan, lalu klik menu Tentang telepon. Klik versi MIUI, jika ada pembaruan silakan perbarui saat itu juga. Meng-update versi MIUI berguna untuk memperbaiki beragam bug pada ponsel.

Service ponselmu

Cara terakhir jika semua cara di atas ternyata belum berhasil juga adalah dengan pergi ke tempat service HP Xiaomi terdekat.

Karena bisa jadi, tidak adanya suara pada speaker kalian terjadi karena kerusakan komponen. Jika ada kerusakan, pastinya harus segera diganti agar dapat kembali berfungsi dengan normal.

Dalam hal ini kamu tidak bisa mengatasinya sendirian dan memerlukan bantuan teknisi yang ahli dan sudah berpengalaman memperbaiki ponsel.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri dengan Mudah, Jangan Panik Dulu!

Satu persatu cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara sudah selesai kami jelaskan untuk kalian. Semoga semua yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat!

Share.

Leave A Reply