Sudah bukan rahasia umum lagi jika Play Store merupakan toko aplikasi terbaik, tapi apa jadinya jika Play Store tidak bisa digunakan untuk mendownload? Jangan khawatir, kini ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tidak bisa download di Play Store HP Realme.

Bekerja sebagai aplikasi market terbaik dan lengkap, tentunya jadi kekhawatiran tersendiri bagi pengguna HP jika Play Store nya tidak bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi atau game yang diinginkan.

Play Store juga merupakan salah satu tempat yang menyediakan banyak aplikasi resmi dan tentunya legal. Layanan ini juga menyediakan berbagai aplikasi premium, hingga pelayanan membeli ebook.

Jika Play Store tidak bisa digunakan mungkin jadi kepanikan tersendiri untuk pemiliknya, nah jika kamu salah satu pengguna yang mengalami hal tersebut, kamu harus tahu bahwa saat ini sudah ada beberapa cara yang bisa mengatasi hal tersebut.

Google Play Store yang tidak bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi biasanya disebabkan oleh virus, malware, akun Google bermasalah, koneksi buruk dan kendala lainnya.

Nah, berikut kami akan mengulas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tidak bisa download di Play Store HP Realme.

BACA JUGA: Cara Menyimpan Sandi di Google Secara Otomatis

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store HP Realme

Melakukan Restart di HP Android

Restart HP
Restart HP. (ist/Pixabay)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan restart di smartphone Realme yang kamu gunakan.

Melakukan restart pada HP cukup ampuh untuk mengatasi semua kendala yang terjadi pada HP tersebut. Karena biasanya Play Store yang tidak beroperasi dengan baik bisa menyebabkan Google Play Store juga ikut error.

Kosongkan Ruang Penyimpanan Android

Ruang penyimpanan yang penuh juga sangat mempengaruhi kinerja pada ponsel Android karena semua sistem akan berhenti dan menyebabkan Google Play Store juga ikut terhenti.

Untuk itu, kamu harus mengosongkan banyak ruang agar sistem HP bisa beroperasi dengan baik.

Pastikan kamu membersihkan ruang penyimpanan secara rutin agar kendala seperti ini tidak terjadi di smartphone kamu.

Pastikan Kondisi Internet Stabil

Untuk mengunduh aplikasi di Google Play Store, kamu membutuhkan koneksi internet yang stabil agar kamu bisa mengunduhnya dengan lancar dan sempurna.

Jika kondisi internet pada HP kamu buruk, proses mengunduh aplikasi akan jadi lama dan memakan waktu. Agar koneksi internet pada HP yang kamu gunakan tetap stabil, kamu bisa menggunakan provider yang jaringan internetnya baik.

Menghapus Cache dan Data Aplikasi Google Play Store

Berikutnya kamu bisa menghapus cache dan data aplikasi di Google Play Store. Proses ini dilakukan gar sampah tidak menumpuk dan membuat kinerja HP jadi lambat dan mengakibatkan Google Play Store tidak bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi

BACA JUGA: Cara Menghapus Akun Google Permanen

Demikianlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tidak bisa download di Play Store HP Realme.

 

 

Share.

Leave A Reply