Cara menghapus akun Google permanen sebenarnya tidak sulit, hanya saja akan menjadi sulit apabila kita belum mengetahui caranya.

Untuk itu, Rancah Post hadir untuk memberikan tutorial lengkapnya agar kalian tak kebingungan lagi saat ingin melenyapkan akun Google yang mungkin sudah tidak terpakai.

Menghapus akun Google yang dimaksud di sini adalah menghapus akun tersebut secara permanen dan tidak bisa diakses lagi. Berbeda dengan menghapus atau logout dari HP, akun Google tersebut tentunya masih bisa diakses.

Pada sejumlah artikel sebelumnya, kami pun sempat membahas mengenai cara hapus akun Google permanen, namun yang kami bahas adalah menghapus dari perangkat saja.

Sehingga akun Google tersebut bisa kembali diakses dengan melakukan login. Nah, khusus pada pembahasan ini, kami akan menjelaskan cara hapus akun Google secara permanen yang nantinya akun Google tersebut akan lenyap.

Untuk proses menghapus akun Google ini, kalian wajib mengingat kata sandinya. Jika tidak, maka penghapusan akun Google tidak bisa dilakukan.

Banyak orang yang ingin menghapus akun Google mereka karena berbagai alasan. Misalnya karena akun Google tersebut sudah tidak digunakan lagi, dan malah sudah memiliki akun Google baru.

Alhasil, kamu pun memutuskan untuk menghapusnya saja daripada dibiarkan begitu saja tak dipakai. Jika sekarang kamu berniat untuk menghapus Google namun terkendala karena tidak tahu caranya, silakan lihat tutorial di bawah ini.

Cara Menghapus Akun Google Permanen

Cara hapus akun Google secara permanen bisa dilakukan melalui HP dan PC. Namun pada kesempatan ini kami akan memberikan contoh tata caranya melalui HP, tapi kalaupun kalian menggunakan PC langkah-langkahnya tak jauh berbeda.

Sebelum ke proses hapus akun Google, kalian wajib tahu mengenai risiko yang akan timbul ketika akun tersebut hilang selamanya.

Seperti kita ketahui, akun Google terhubung dengan beragam layanan Google lainnya. Itu artinya, jika akun tersebut dihapus maka kalian tidak akan bisa mengakses layanan Google yang lainnya.

Misalnya mengakses Gmail, Google kalender, akun media sosial, Google Play, YouTube, dan lainnya. Sebaiknya back-up dulu data-data yang mungkin penting.

Jika sudah yakin ingin menghapusnya, silakan ikuti langkah-langkah proses penghapusan akun Google di bawah ini!

Buka Gmail

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Gmail di HP kalian. Kemudian, klik foto profil di pojok kanan atas.

Jika sudah login ke beberapa akun, maka klik akun Google yang akan dihapus > klik Kelola Akun Google Anda.

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen
Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen. (IST)

Masukkan Sandi Google. (IST)

Klik menu Data & privasi

Setelah berada di menu Kelola Akun Google Anda, geser ke tab Data & privasi. Scroll ke bawah > klik Hapus Akun Google Anda

Cara Menghapus Google Account

Untuk melanjutkan proses selanjutnya, silakan masukkan kata sandi akun Google tersebut. Jika kamu terkendala lupa sandi, silakan gunakan fitur Lupa sandi dan ikuti prosesnya sampai selesai.

Setelah memasukkan kata sandi > klik Berikutnya. Tahap berikutnya, klik Download data Anda untuk mendownload semua sebelum menghapusnya.

Masukkan Sandi Google

Kemudian, baca terlebih dahulu berbagai risiko yang kamu terima jika menghapus akun Google.

Setelah membaca semuanya dan masih yakin ingin menghapusnya centang checkbox yang tersedia > klik Hapus akun.

Hapus Akun Google

Selesai! Akun Google pun berhasil dihapus secara permanen.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Akun Google di HP Android

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara menghapus akun Google secara permanen yang bisa kalian praktikkan dengan mudah. Semoga dapat bermanfaat.

Share.

Leave A Reply