Saat ini sudah hadir beberapa aplikasi recovery data android yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembalikan data atau file penting tidak sengaja kamu hapus.

Seperti kita ketahui, smartphone kini jadi salah satu tempat yang biasa digunakan untuk menyimpan data penting, baik itu data pribadi maupun bisnis, karena perangkat ini diklaim cukup ringkas dan selalu dibawa kemana-mana.

Tak heran jika ada file penting yang terhapus membuat penggunanya sedikit ketar-ketir. Jika hal tersebut menimpamu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengembalikan semua file-file yang hilang.

Meskipun begitu, tapi aplikasi ini tidak bisa menjamin 100% bisa mengembalikan file-file yang hilang.

Tapi kamu bisa mencobanya terlebih dahulu. Berikut kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi recovery data Android yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Aplikasi Recovery Data Android

Tenorshare UltData for Android

Tenorshare UltData for Android
Tenorshare UltData for Android. (IST)

Pada rekomendasi pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi Tenorshare UltData for Android untuk mengembalikan file atau dokumen yang hilang pada perangkat yang kamu gunakan.

Aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur unggulan yang sangat menggiurkan dan tentunya bisa kamu gunakan dengan mudah karena mereka menawarkan interface yang sederhana.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu repot lagi untuk melakukan root dan bisa memulihkan foto-foto atau file lainnya dengan mudah dan cepat dalam hitungan detik saja.

Selain itu, kamu juga bisa memulihkan chat atau pesan yang terhapus tanpa melakukan backup ataupun root.

EaseUS MobiSaver – Aplikasi Recovery Data Android

EaseUS MobiSaver - Apk Recovery Data Android
EaseUS MobiSaver – Apk Recovery Data Android. (IST)

Aplikasi recovery data Android berikutnya ada EaseUS MobiSaver. Aplikasi yang satu ini memiliki kemampuan untuk memulihkan semua data Android yang sebelumnya tidak sengaja terhapus tanpa harus memiliki keahlian khusus.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu menghubungkan perangkat Android ke PC atau laptop, makan apk ini akan memindai perangkat untuk mengambil data yang sebelumnya terhapus atau hilang, baik itu dari memori internal maupun kartu SD.

Menariknya, kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara rahasia, tenang saja aplikasi ini cukup aman digunakan dan tidak membahayakan privasi pada file lainnya yang ada di smartphone kamu.

BACA JUGA: Aplikasi Android yang Berguna untuk Sehari-Hari

DiskDigger

DiskDigger
DiskDigger. (IST)

DiskDigger merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan berikutnya. Aplikasi ini memiliki tampilan UI yang unik, tapi tetap mudah digunakan.

Dengan bantuan DiskDigger, kamu bisa memulihkan semua data yang hilang dari penyimpanan internal serta dari kartu SD.

Tak hanya itu, kamu juga tidak memerlukan rooting pada ponsel saat akan menginstall aplikasi ini, namun pemindaiannya akan terbatas. Jika kamu ingin pemindaian penuh, kamu bisa melakukan rooting terlebih dahulu.

dr.Fone

dr.Fone - Apk Recovery Data Android
dr.Fone – Apk Recovery Data Android. (IST)

Pada jajaran keempat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi recovery data Android dr.Fone. Aplikasi ini diklaim sebagai jenis aplikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan pemulihan data untuk penggunaan pribadi.

Aplikasi ini sendiri sudah mendukung lebih dari 6000 perangkat Android, jadi kamu bisa memindai berbagai data pada perangkat apapun dengan mudah.

Kamu juga bisa memulihkan berbagai data, baik itu foto, video, hingga dokumen di suatu perangkat yang sengaja atau tidak sengaja terhapus.

Recuva

Recuva
Recuva. (IST)

Kemudian ada Recuva. Aplikasi yang dikembangkan oleh Piriform ini merupakan salah satu software pemulihan data yang paling banyak digunakan oleh perangkat Android dan PC Windows.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh pengguna awam atau pengguna yang tidak terlalu mahir teknologi. Sistemnya juga menawarkan panduan dan langkah langkah untuk memulihkan file, gambar, video, hingga dokumen.

Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk memulihkan data file yang disimpan di kartu SD saja. Kamu juga harus menggunakan versi berlangganan untuk memanfaatkan fitur lengkapnya.

File Recovery – Recover Delete

File Recovery - Recover Delete
File Recovery – Recover Delete. (IST)

Tak kalah canggih untuk digunakan, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi File Recovery – Recover Delete untuk memulihkan foto, video, hingga data penting lainnya yang tidak sengaja terhapus di smartphone Android.

Dengan bantuan alat ini, kamu bisa mendapatkan kesempatan kembali untuk memulihkan dan mengembalikan semua file data kamu dalam hitungan detik saja.

Aplikasi ini juga menyediakan antarmuka modern dan canggih sehingga memudahkan siapapun untuk mengoperasikannya.

Mesin pemindaian yang kuat membuat kamu bisa memindai data yang terhapus dengan mudah dengan bantuan aplikasi ini. Kamu juga tidak memerlukan root untuk untuk mulai menggunakannya.

MiniTool Mobile Recovery

MiniTool Mobile Recovery
MiniTool Mobile Recovery. (IST)

Pada jajaran terakhir, kamu bisa memanfaatkan aplikasi MiniTool Mobile Recovery untuk memulihkan data yang hilang di smartphone Android.

MiniTool Mobile Recovery sendiri dilengkapi dengan dua modul pemulihan, yang pertama modul pemulihan untuk memori internal, yang kedua yaitu modul pemulihan untuk pemulihan kartu SD.

Menariknya, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk pemulihan berbagai data penting mulai dari kontak, riwayat panggilan, pesan, dokumen, rekaman audio, foto, video, lampiran WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk memperbaiki dan memulihkan kerusakan yang terjadi sebelumnya pada smartphone tersebut.

BACA JUGA: Aplikasi Recovery Data Gratis untuk Memulihkan Data yang Hilang di Windows

Itulah beberapa apliaksi recovery data Android yang bisa kamu gunakan. Semoga membantu.

 

 

Share.

Leave A Reply