Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di HP Realme.

Realme merupakan salah satu produsen smartphone yang berbasis di Shenzhen, Tiongkok. Didirikan secara resmi pada tanggal 4 Mei 2018, Realme menjadi smartphone versi murah dari OPPO atau lebih tepatnya, sub brand yang memang lebih fokus untuk menghadirkan smartphone murah dengan spesifikasi berkelas tinggi.

Tak mengherankan lagi, persaingan produsen antar smartphone memang semakin ketat, tujuan untuk membuat sub brand tentu untuk mendapatkan banyak konsumen atau pengguna tanpa peduli untung kecil ataupun besar, intinya ketika para konsumen sudah asyik dengan gadget, maka iklan pada layanan akan ditingkatkan demi meraup keuntungan yang ada.

Pangsa pasar Realme secara Global terus berekspansi ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Kehadiran Realme di pasar smartphone menjadi kejutan tersendiri banyak banyak pengguna. Karena selain spesifikasi yang mumpuni serta harganya yang murah, HP Realme juga dibekali dengan desain bodi elegan.

Tidak tampak sama sekali kalau HP dari Realme ini dibanderol dengan harga murah, karena saking mewahnya desain bodi HP tersebut. Realme sendiri sekarang sudah hadir dengan beberapa seri, dan semua seri laku keras di pasaran.

Meskipun sudah dibekali spesifikasi mumpuni, tetapi terkadang beberapa pengguna mengeluhkan masalah yang terjadi di HP Realme mereka. Salah satu masalah tersebut adalah aplikasi yang tidak bisa dijalankan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Realme tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Masuk Safe Mode di HP Realme

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Realme

Sebenarnya aplikasi yang tidak bisa dibuka atau dijalankan ini disebabkan oleh banyak faktor, baik karena kesalahan sistem atau aplikasi tersebutnya yang memang error.

Yang pasti, masalah seperti ini masih bisa diperbaiki atau diatasi dengan mudah. Bahkan bagi kamu pengguna awam juga bisa menerapkan cara tersebut tanpa terkendala apapun. Adapun cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Realme, di antaranya:

1. Melakukan Restart HP Realme

Restart HP
Restart HP. (ist/Pixabay)

Cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Realme yang pertama adalah dengan melakukan restart. Merestart HP android akan mampu mengatasi berbagai masalah yang pada sistem, termasuk juga aplikasi yang tidak bisa dibuka.

File-file sampah yang tersimpan sebelumnya di RAM akan dibersihkan sehingga kinerja HP semakin maksimal.

Aplikasi yang tidak bisa dibuka atau dijalankan sendiri salah satu penyebabnya adalah karena ruang RAM yang penuh. Kondisi tersebut membuat HP tidak bisa merespon permintaan dari pengguna untuk menjalankan aplikasi.

2. Membersihkan Memori HP dengan Fitur Bawaan

Cara berikutnya ini sebenarnya hampir sama fungsinya dengan cara di atas. Kamu akan menghapus semua file sampah atau file temporary yang tersimpan sementara di ruang RAM. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab aplikasi tidak bisa dijalankan adalah karena ruang kosong di RAM sudah kosong karena terisi oleh file sampah tersebut.

Dibandingkan dengan merestart HP Realme, cara ini bisa dibilang lebih simple dan tidak perlu waktu lama menunggu prosesnya selesai.

Karena menggunakan fitur bawaan dari Realme, jadi cara ini sangat aman serta efektif banget. Untuk caranya sendiri, kamu bisa buka aplikasi Manajer Telepon >> pilih Bersihkan Memori >> pilih Akhiri Semua >> Centang semua aplikasi >> pilih Hapus.

3. Hapus Cache Aplikasi

Kalau cara sebelumnya belum berhasil menyelesaikan masalah aplikasi tidak bisa dibuka, kamu bisa lakukan cara ini. Sama-sama menghapus file cache atau file temporary, tetapi kali ini berfokus pada aplikasi yang bermasalah alias tidak bisa dibuka. Mungkin saja file sampah yang tersimpan di aplikasi menyebabkan masalah tersebut.

Cara menghapus cache aplikasi yang error juga sangat mudah, pertama masuk ke menu Setelan >> masuk ke Manajemen Aplikasi >> pilih aplikasi yang bermasalah >> pilih Penggunaan Memori >> klik Hapus Cache.

Meski bisa menyebabkan error, sebenarnya file cache aplikasi ini sangat berguna untuk mempercepat loading saat akan membuka aplikasi di waktu kedua.

4. Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka dengan Menghapus Data Aplikasi

Hampir sama dengan cara sebelumnya, namun cara ini bisa dibilang lebih sadis. Melakukan penghapusan data aplikasi berarti kamu akan kehilangan basis data, data login, cookies, cache hingga temporary aplikasi. Itu artinya aplikasi akan kembali seperti awal lagi layaknya saat pertama kali baru menginstallnya.

Jika data aplikasi kamu anggap sangat penting, sebaiknya lakukan backup data aplikasi terlebih dahulu. Jika sudah, baru langsung hapus data aplikasi dengan cara masuk ke menu Setelan >> masuk ke Manajemen Aplikasi >> pilih Aplikasi yang mengalami masalah >> pilih Penggunaan Memori >> klik Hapus Data.

5. Update atau Install Ulang Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Realme selanjutnya adalah dengan melakukan update aplikasi ke versi terbarunya. Umumnya aplikasi yang sudah usang atau merupakan versi lama akan mengalami berbagai masalah, salah satunya tidak bisa dibuka seperti ini.

  • Hanya dengan mengunjungi Google Play Store
  • Pilih Aplikasi dan Game Saya
  • Klik perbarui pada aplikasi yang bermasalah tadi.

Jika cara tersebut tidak membuahkan hasil, coba kamu uninstall aplikasi error tersebut terlebih dahulu. Jika sudah, bersihkan cache di RAM dengan cara restart atau melalui Manajemen Aplikasi seperti di atas. Kemudian install ulang aplikasi yang error tadi

BACA JUGA: Cara Blokir Kontak di HP Realme

Nah, itulah cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di HP Realme yang bisa kamu lakukan. Semoga membantu.

Share.

Leave A Reply