Secanggih apapun smartphone yang kamu miliki akan ada masanya smartphone tersebut mengalami kendala, baik itu pada perangkat software atau hardware, untuk itu kamu perlu mengetahui cara masuk safe mode untuk mengatasi berbagai kendala tersebut.

Smartphone yang mengalami kendala biasanya diakibatkan oleh usia pemakaian HP yang sudah cukup lama, tapi apakah kamu tahu kini ada beberapa masalah lain yang bisa memperparah instalasi aplikasi jika kamu tidak membersihkannya secara rutin.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada HP Realme sendiri biasanya terjadi pada aplikasi yang tidak bisa dibuka, muncul beberapa error dan bug, kamera tidak berfungsi dengan baik, hang, lemot, macet, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut tentunya sangat menjengkelkan bukan? tapi sebelum kamu mengatasinya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari kendala yang kamu alami. Biasanya masalah pada HP disebabkan oleh adanya virus atau malware yang menyerang sistem operasi smartphone yang kamu gunakan, adanya penumpukan file penyimpanan eksternal dan internal, aplikasi yang tidak kompatibel, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi kendala tersebut, terkadang ada identifikasi konvensional yang sulit untuk dilakukan, misalnya kamera belakang smartphone yang kamu gunakan tidak berfungsi dengan baik, yang sulit diketahui yaitu penyebabnya. Karena bisa saja perangkat kerasnya yang rusak.

Nah, untuk itu kamu mungkin membutuhkan akses safe mode atau mode aman untuk menguji aplikasi dan fitur pada smartphone Realme secara default untuk menguji kenormalan semua fitur yang tersedia.

Lalu bagaimana caranya? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan di bawah ini secara lengkap.

BACA JUGA: Cara Save Status WhatsApp di HP Xiaomi

Apa Itu Safe Mode di HP Realme?

Untuk kamu yang belum tahu, safe mode merupakan salah satu mode diagnostik yang dimiliki sebuah sistem operasi pada smartphone Android.

Safe mode ini berfungsi untuk membantu pengguna menganalisa kendala yang terjadi pada perangkat Android dengan menjalankan fungsi dasar dari sistem operasi HP tersebut.

Tak hanya untuk perangkat mobile saja, mode aman atau safe mode ini, juga tersedia untuk perangkat desktop, seperti Linux, Mac OS, dan Windows. Saat pengguna ingin masuk ke mode aman ini, biasanya perangkat akan melakukan boot sistem operasi dan melakukan pengecualian pada apk ketiga.

Dengan pengecualian tersebut,kamu bisa mendiagnosa pengujian pada aplikasi dan fitur bawaan yang tidak bisa beroperasi dengan baik.

Misalnya, kamu mengalami kendala pada kamera belakang HP Realme, maka kamu bisa memastikannya dengan menganalisa sistemnya, jika tidak terjadi masalah apapun bisa saja kendala yang muncul itu disebabkan oleh kerusakan pada hardware.

Selain itu, dengan masuk ke safe mode, kamu bisa mencoba membuka aplikasi pada pengaturan default tanpa file, virus, atau aspek lainnya yang bekerja sebagai pendukung.

Jika semua sistem operasi berjalan dengan normal, maka itu artinya tidak ada kerusakan pada komponen sistem HP, kamu bisa langsung keluar dari mode safe tersebut.

Tapi sebaliknya, jika kamera tidak berfungsi dengan baik, maka ada kemungkinan terdapat kerusakan pada komponen hardware.

Untuk mendeteksi masalah tersebut, kamu bisa masuk ke safe mode dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Masuk Safe Mode HP Realme

  • Pertama matikan HP Realme yang kamu gunakan, kamu bisa menekan tombol power selama beberapa detik dan pilih mematikan.
  • Jika HP tersebut sudah dalam keadaan mati, kamu bisa tekan dan tahan tombol volume bawah (-) + Power secara bersamaan hingga layar hidup kembali.
  • Lepaskan tombol tersebut jika layar sudah menampilkan logo Realme.
  • Tunggu beberapa saat hingga kamu bisa mem-boot sistem operasi HP tersebut, pastikan kamu menunggunya sampai selesai.
  • Jika sudah, layar akan menampilkan tulisan “Safe Mode”, itu tandanya kamu sudah berhasil masuk ke mode tersebut.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan pengujian pada semua fitur-fitur yang tersedia dan fitur yang kamu inginkan.
  • Selesai.

Cara Keluar dari Safe Mode Realme

Jika kamu sudah selesai menggunakan safe mode Realme, kamu bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini untuk keluar dari mode tersebut:

  • Pertama tekan tombol Power di smrtphone Realme yang kamu gunakan selama beberapa detik hingga muncul opsi menu.
  • Lalu pilih opsi Restar untuk memuat ulang smartphone tersebut.
  • Tunggu sampai proses restart atau booting selesai.
  • Jika sudah, kamu akan secara otomatis keluar dari mode tersebut.
  • Selesai.

BACA JUGA: Cara Menggandakan WhatsApp

Demikianlah cara masuk safe mode di HP Realme lengkap dengan cara keluar dari mode tersebut.

 

Share.

Leave A Reply