Cara membuat avatar AI (Artificial Intelligence) yang sedang viral di Instagram wajib untuk kalian ketahui agar bisa mengikuti trend tersebut.

Ya, trend tersebut tak hanya diikuti warganet, namun juga oleh para artis dan selebgram. Mereka pun ramai-ramai mengedit foto mereka menjadi avatar.

Para artis dan selebgram yang mengikuti trend tersebut di antaranya adalah Mieke Amalia, Tasya Farasya, Indy, Clarissa Putri, Luna Maya, Dian Sastrowardoyo, Ayu Ting Ting dan masih banyak yang lainnya.

Diketahui, untuk bikin avatar AI yang keren itu kita bisa kita tak perlu melakukan editing secara manual.

Kita hanya perlu menggunakan aplikasi Lensa. Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Sehingga untuk menggunakannya, kalian mendownload dulu aplikasinya. Namun, bagi pengguna yang tidak membayar alias menggunakannya secara gratis, hanya bisa mengaksesnya secara terbatas.

Untuk itu, jika kalian ini mengaksesnya secara lebih leluasa, harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Kamu bisa memilih beberapa pilihan biaya untuk berlangganan aplikasi Lensa.

Menariknya, aplikasi tersebut mengklaim tidak menyimpan gambar yang di-upload di dalamnya.

Hal itu disebutkan ketika pengguna selesai penggunakan. Akan muncul notifikasi yang menyebut bahwa foto akan segera dihapus dari server setelah avatar siap.

Penasaran bagaimana cara membuat avatar AI? Jika iya, langsung simak tutorial lengkapnya di bawah ini, guys.

Cara Membuat Avatar AI

Meski kamu bukan editor yang handal, tak perlu khawatir karena aplikasi tersebut bisa digunakan dengan mudah.

Download Aplikasi Lensa

Seperti yang sudah dibahas tadi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi Lensa AI pada perangkat yang kamu gunakan.

Pastikan aplikasi Lensa yang diunduh adalah besutan Prisma Labs, Inc. Setelah proses download dan install selesai, langsung buka aplikasinya.

Lensa

Ketika pertama kali membuka aplikasi, silakan beri centang I Agree to Privacy Policy anda Terms of Use > klik Next. Lalu, ikuti instruksi selanjutnya.

Tampilan Aplikasi Lensa

Kemudian, akan tampil juga laman berlangganan untuk fitur premium di aplikasi Lensa. Jika ingin berlangganan silakan klik Subscribe Now, jika tidak maka klik tanda silang.

BACA JUGA: Cara Buat Spotify Icebergify, Fitur Baru Spotify yang Tengah Viral

Klik Add Photos atau Magic Avatars

Cara membuat avatar AI berikutnya silakan klik Add Photos atau Magic Avatars. Ketika mengklik Add Photos, maka kamu akan langsung menambahkan foto dari galeri namun harus melakukan editing secara manual.

Sedangkan pada menu Magic Avatars, kamu bisa membuat avatar tanpa harus mengedit secara manual namun harus berbayar.

Misalnya, di sini kami mengklik menu Magic Avatars. Lalu klik Try Now untuk memulai.

Cara Membuat Avatar AI yang Viral

Jika pertama kali menggunakan aplikasi tersebut, silakan centang I have reached to the age of majority (18/21+ y.o).

Tahap Membuat Avatar

Pilih gambar untuk avatar AI

Tahap selanjutnya adalah memilih foto gambar yang akan dibuat versi Avatar AI. Silakan klik Select 10-20 Selfies di laman Upload your photos.

Pemilihan Foto

Silakan pilih gambar yang akan dijadikan versi avatar AI. Pastikan foto tersebut jelas di bagian wajahnya. Jika sudah selesai > klik Import.

Import Gambar

Selanjutnya kamu akan diminta mengisi gender, ada pilihan pria, wanita dan lainnya.

Tahap pembayaran

Karena ini tidak gratis, maka kamu harus melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk menikmati fitur ini.

Ada beberapa pilihan pembayaran yang bisa kamu pilih. Pertama, 50 avatar unik, 5 variasi dengan 10 gaya berbeda harganya Rp 63.000.

Sedangkan untuk 100 avatar, 10 variasi dengan 10 gaya berbeda harganya 94.000. Terakhir 200 avatar unik, 20 variasi dengan 10 gaya berbeda harganya 129.000. Silakan pilih paket sesuai dengan kebutuhan.

Proses Pembayaran Aplikasi

Setelah pembayaran selesai, pilih kembali foto-foto minimal 10 gambar. Tunggu sekitar 20 menit, dan akan ada pemberitahuan avatar telah siap dilihat dan disimpan.

Hasilnya akan menampilkan foto avatar dengan gaya yang berbeda-beda, seperti Focus, Fantasi, Fairy Princess, Pop, Stylish, Light, Anime, Kawaii, Iridescent dan Cosmic.

Setelah ini, kamu bisa mengunggah foto tersebut ke Instagram. Selesai!

Berikut ini salah satu contoh avatar AI yang dibuat oleh Cralissa Putri.

Foto Clarissa Putri

BACA JUGA: Cara Edit Wajah Jadi Anime Pakai AI Manga yang Viral di TikTok

Itu dia, tata cara membuat avatar AI yang sedang viral di Instagram menggunakan aplikasi Lensa. Sangat menarik untuk dicoba bukan? Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply