Cara menonaktifkan kunci layar Xiaomi sangatlah mudah bagi pengguna yang sudah mengetahui caranya. Berbeda halnya dengan pengguna yang tidak tahu caranya, pasti akan terasa sulit dan membingungkan.

Padahal, cara mematikan kunci layar hampir sama seperti ketika kita hendak mengaktifkannya. Namun mungkin karena sudah terlalu lama mengaktifkan kunci layar, sehingga lupa cara mematikannya.

Setiap ponsel sudah dilengkapi dengan fitur layar kunci, termasuk juga HP Xiaomi. Fitur tersebut memungkinkan kita mengunci HP dengan kata sandi, PIN, atau pola agar tidak ada yang bisa sembarangan mengakses HP.

Pasalnya, HP memang barang pribadi namun sangat mudah berpindah tangan. Jika tidak mengaktifkan kunci layar, maka orang lain bisa dengan mudah membuka bahkan ‘mengobrak-abrik’ file-file yang ada di dalamnya.

Menariknya, di Xiaomi juga terdapat fitur membuka kunci layar dengan fingerprint (sidik jari) dan deteksi wajah.

Namun beberapa pengguna merasa bahwa fitur kunci layar ini sedikit merepotkan dan membuat mereka kurang nyaman. Pasalnya, mereka harus selalu memasukkan sandi kunci layar setiap kali hendak menggunakan HP.

Atau mereka takut lupa dengan kata sandi yang dibuat dan nantinya malah berakhir fatal. Handphone pun harus di-reset agar bisa diakses kembali.

Jika demikian, pihak Xiaomi memberi keleluasaan bagi pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kunci layar.

Dan jika sekarang kamu enggan menggunakan kunci layar di HP dan hendak menonaktifkannya, simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Setelah menonaktifkan kunci layar di HP Xiaomi, maka kamu bisa mengakses HP tanpa harus menginput kata sandi, PIN, pola, sidik jari atau deteksi wajah. Tapi tentu kamu juga harus siap dengan risiko HP mudah diakses orang lain.

Cara Menonaktifkan Kunci Layar Xiaomi

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan ketika hendak mematikan kunci layar di HP Xiaomi.

Sebagai informasi, pada tutorial ini kami menggunakan HP Xiaomi MIUI 13. Mungkin akan ada sedikit perbedaan dengan MIUI di bawahnya, namun secara umum hampir sama saja.

Buka menu Setelan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Setelan atau Pengaturan di HP Xiaomi kalian.

Lalu, scroll ke bawah hinggga menemukan menu Layar Kunci.

Cara Mengatur Kunci Layar

Dan scroll lagi sampai ke yang paling bawah, klik Sandi & kemanan.

Cara Menonaktifkan Kunci Layar Xiaomi

Nah, di menu Sandi & keamanan ini kalian bisa mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan sandi dan keamanan, salah satunya adalah Kunci Layar.

BACA JUGA: Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi dengan Tombol dan Lewat Pengaturan

Masuk ke pengaturan kunci layar

Pada HP Xiaomi yang kami gunakan, kunci layar sudah aktif termasuk juga fitur buka kunci dengan sidik jari dan deteksi wajah.

Karena akan menonaktifkan kunci layar, maka silakan klik opsi Kunci Layar. Kemudian, konfirmasi PIN, sandi, atau pola yang kamu atur sebelumnya > klik Selanjutnya.

Matikan Kunci Layar Xiaomi

Nah, kalian pun akan diarahkan ke menu Ganti kunci layar. Di sini kalian bisa mengubah metode mengunci layar, apakah dengan pola, PIN, atau sandi.

Matikan kunci layar

Karena akan menonaktifkan kunci layar, silakan pilih opsi Matikan kunci layar. Akan muncul pop up konfirmasi, jika sudah yakin ingin menonaktifkan kunci layar > klik Oke.

Cara Mematikan Kunci Layar

Setelah mematikan kunci layar, maka kamu bisa mengakses HP tanpa perlu memasukkan sandi apapun. Selesai!

Lockscreen dimatikan

Untuk membuka layar, kamu hanya harus swipe screen dan setelahnya akan langsung ke laman utama HP Xiaomi atau home screen.

Tenang saja, jika kamu berubah pikiran dan ingin mengaktifkannya lagi, silakan aktifkan dengan mengikuti langkah-langkah yang sama.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Font Seperti Semula (Default) di Xiaomi

Cara menonaktifkan kunci layar Xiaomi telah selesai kami bahas secara jelas dan rinci. Sangat mudah bukan? Semoga apa yang kami sampaikan pada artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian.

Share.

Leave A Reply