Kuota kamu cepat habis padahal tidak banyak aplikasi yang kamu install? Mungkin kamu memiliki beberapa aplikasi yang paling boros kuota dan hal tersebut yang menyebabkan kuota internet kamu cepat habis.

Kuota memang jadi salah satu hal yang akan menunjang internet di smartphone yang kamu gunakan selain WiFi. Jumlah kuota pun bermacam-macam, tergantung berapa besaran kamu membelinya dan tentunya setiap provider menerapkan harga yang berbeda.

Sebelum kamu membeli kuota, alangkah baiknya kamu memperkirakan terlebih dahulu, berapa banyak kuota yang kamu butuhkan setiap bulannya.

Tapi kadang kamu merasa bingung saat kuota yang kamu beli cepat habis padahal kamu tidak menggunakan banyak aplikasi.

Ternyata, hal tersebut disebabkan oleh beberapa aplikasi yang menyedot kuota internet dalam jumlah yang besar daripada aplikasi lainnya.

Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi kamu harus mengetahui daftar aplikasi yang akan menghabiskan kuota internet lebih cepat dan lebih banyak.

Daftar Aplikasi Paling Boros Kuota yang Harus Kamu Hindari Pemakiannya

Instagram

Instagram
Instagram. (IST)

Pada jajaran pertama ada Instagram, Sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digandrungi, aplikasi ini memang menawarkan berbagai hal menarik di dalamnya, seperti foto, video, reels, dan fitur lainnya yang tak kalah menarik.

Aplikasi ini diklaim akan memakan banyak data jika dibandingkan dengan media sosial berbasis teks, karena data kita bisa tersedot kapan saja saat video atau reels yang ada pada aplikasi ini diputar secara otomatis, sekalipun itu di latar belakang.

Tapi kamu bisa mengatur aplikasi ini agar bisa mencegah perloadingan video saat memakai koneksi data atau jaringan seluler di HP kamu.

Ini dia langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Instagram yang kamu gunakan.
  • Kunjungi laman profil dan buka menu pengaturan.
  • Pilih Akun.
  • Lalu pilih penggunaan Data Seluler.
  • Kemudian nyalakan Penghemat Data dan Instagram akan memutar media beresolusi tinggi saat menggunakan jaringan WiFi saja.
  • Selesai.

Facebook – Aplikasi Paling Boros Kuota

Facebook - Apk Paling Boros Kuota
Facebook – Apk Paling Boros Kuota. (IST)

Siapa sih yang tidak mengetahui aplikasi Facebook? Saat ini aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi default pada setiap jenis smartphone Android.

Tapi perlu kamu ketahui meskipun aplikasi Facebook jarang kamu gunakan, tapi aplikasi ini akan menyedot kuota internet yang kamu miliki karena sistemnya bekerja dilatar belakang.

Apalagi saat kamu membuka media seperti foto dan video, aplikasi ini akan menyetel video secara otomatis dan membuat kuota internet yang kamu miliki terkuras.

Hal tersebut tentunya akan membuat kerugian tersendiri bagi penggunanya, tapi tenang saja saat ini kamu bisa membatasi pemutaran video otomatis hanya dengan menggunakan wi-fi atau menonaktifkannya.

Caranya juga cukup mudah berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka aplikasi Facebook yang kamu miliki Dan ketuk tiga garis vertikal yang ada di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya cari menu pengaturan dan pilih pengaturan akun.
  • Lalu pilih video dan foto dan klik auto play.
  • Berikutnya pilih on wi-fi connection only atau never autoplay video.

BACA JUGA: Aplikasi Penghilang Iklan

Twitter

Twitter
Twitter. (IST)

Meski basic-nya adalah media sosial berbasis teks dan cuitan singkat, kita juga bisa mengunggah foto dan video ke Twitter.

Apabila sehari-harinya kamu menghabiskan banyak waktu di Twitter, lebih baik matikan autoplay video yang ada di pengaturannya. Lantas, bagaimana caranya?

Buka aplikasi Twitter dan pilih Pengaturan dan Privasi > Pemakaian Data. Di sini, kamu bisa memilih mencentang penghemat data agar video tidak akan diputar otomatis dan gambar berkualitas lebih rendah akan dimuat.

Kamu juga bisa memilih apakah gambar berkualitas tinggi dan video akan diputar dengan WiFi atau paket data.

YouTube

Kita semua tahu kalau memutar video dari YouTube akan memakan banyak kuota internet. Menurut laman Canstar Blue, memutar video beresolusi 480p selama satu jam akan menghabiskan 264 MB data.

Jika resolusi yang dipilih adalah 720p (HD) maka akan menguras 870 MB data dalam sejam dan 1080p (Full HD) akan memakan 1,65 GB data!

Untuk mencegah agar tidak boros data, buka YouTube lalu ketuk profil di sudut kanan atas. Setelahnya, pilih Pengaturan > Umum > Batasi Penggunaan Kuota Seluler. Selanjutnya, geser slide menjadi On dan kita akan melakukan streaming video HD lewat WiFi saja. Dengan ini, YouTube tidak akan memakan banyak data seperti sebelumnya.

Spotify

Spotify
Spotify. (IST)

Hobi mendengarkan musik di Spotify setiap saat, namun tidak ingin boros paket internet? Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghemat data, yakni dengan membuat album tersedia secara offline.

Hal ini bisa dilakukan jika kamu adalah pelanggan Spotify Premium, saran laman Cnet. Kamu salah satunya?

Di sini, kita bisa mengunduh album dan daftar putar untuk menghindari streaming melalui koneksi seluler. Caranya, saat melihat album atau daftar putar, ketuk Download untuk menambahkan trek ke gadget sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan streaming. Boros atau tidaknya paket data juga bergantung pada kualitas streaming yang kita pilih.

BACA JUGA: Aplikasi Messenger Gratis

Itulah beberapa aplikasi paling boros kuota yang harus kamu hindari penggunaannya saat kuota kamu sekarat atau sedang mengirit kuota agar tidak cepat habis.

Share.

Leave A Reply