RANCAH POST – Ternyata masih ada beberapa pengguna yang masih belum mengetahui cara screenshot HP Vivo Y21. Padahal ponsel ini dibekali dengan fitur screenshot yang beragam.

Vivo Y21 merupakan salah satu HP kelas menengah Vivo yang paling laris di Indonesia. Hal ini dikarenakan ponsel tersebut memiliki spesifikasi yang terbilang cukup mumpuni dan harganya sangat terjangkau.

Ponsel ini sendiri masuk ke Indonesia bulan September 2021. Vivo memodalinya dengan layar IPS LCD 6.51 inci beresolusi HD+ yang dihiasi poni berbentuk tetesan air.

Dalam poni tersebut dipasang sensor kamera berkekuatan 8 MP f/2.0 untuk keperluan selfie. Sementara untuk fotografi, ponsel ini membawa pengaturan kamera ganda di belakang.

Adapun kedua kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP f/2.2 dan kamera macro 2 MP. Baik kamera depan maupun kamera belakang ponsel ini sama-sama mendukung perekaman video hingga resolusi FHD.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan smartphone Android, mengambil screenshot di Vivo Y21 tentu bukanlah perkara sulit. Tapi bagi yang masih belum paham, silahkan simak beberapa pilihan cara screenshot Vivo Y21 berikut ini.

Cara Screenshot HP Vivo Y21

Power + Volume Down

  1. Buka kunci layar lalu arahkan pada area yang akan di screenshot.
  2. Selanjutnya, letakan jari Anda pada tombol power dan tombol volume bawah kemudian tekan secara bersamaan.
  3. Jika berhasil, akan muncul preview screenshot di layar yang sebelumnya ditandai dengan kedipan layar.
  4. Anda dapat memilih menu Edit untuk melakukan penyuntingan, seperti memotong (crop) area tertentu ataupun menambahkan teks.
  5. Apabila sudah selesai, klik tombol Simpan atau Save.

Screenshot dengan kombinasi tombol power + volume down hampir bisa dilakukan di semua ponsel yang berbasiskan Android.

Namun, cara ini tidak dianjurkan untuk terlalu sering digunakan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan tombol power atau tombol volume bawah jadi cepat rusak. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mencoba menggunakan cara yang kedua.

S-Capture

Fitur S-Capture menawarkan kemudahan bagi para pengguna yang ingin mengambil screenshot di HP Vivo Y21 tanpa menggunakan tombol.

Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, Anda hanya perlu memunculkan status bar dengan cara menarik bagian atas layar ke bawah.

Screenshot Vivo Y21 Tanpa Tombol
Screenshot Vivo Y21 Tanpa Tombol. (SS)

Selanjutnya pilih S-Capture yang berada di samping menu Hotspot. Kemudian akan muncul beberapa pilihan menu seperti Rekam Layar, Rekam Layar Animasi, Tangkapan Layar Panjang, Tangkapan Layar Persegi Panjang dan Tangkapan Layar Lucu.

Cara Screenshot 3 Jari di HP Vivo Y21

Screenshot 3 Jari merupakan salah satu fitur yang populer di kalangan pengguna HP Android. Nah, Vivo Y21 termasuk ponsel yang dilengkapi dengan fitur tersebut.

Tapi untuk menggunakan fitur ini Anda harus masuk dulu ke Pengaturan > Pintasan dan Aksesibilitas > S-capture > Geser ke Bawah Menggunakan Tiga Jari Untuk Mengambil Tangkapan Layar. Sekarang fiturnya sudah siap untuk digunakan.

Screenshot 3 Jari di HP Vivo Y21
Screenshot 3 Jari di HP Vivo Y21. (SS)

Jika ingin mencobanya, cukup tempel tiga jari Anda ke layar lalu usapkan ke bawah. Selesai.

BACA JUGA: 4 Cara Screenshot Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro

Itulah dia 3 cara screenshot HP Vivo Y21. Gimana gampang banget kan?

Share.

Leave A Reply