RANCAH POST – Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro termasuk smartphone flagship terbaru dari Xiaomi yang diluncurkan di Indonesia pada bulan Maret 2022 lalu. Mau tau bagaimana cara screenshot Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro?

Baik Xiaomi 12 maupun Xiaomi 12 Pro sama-sama hadir dengan memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang membedakan keduanya hanya konfigurasi memorinya saja.

Chip Snapdragon 8 Gen 1 pada Xiaomi 12 disandingkan dengan RAM 8 GB dan memori penyimpanan internal 256 GB, sementara Xiaomi 12 Pro memiliki RAM lebih besar, yakni mencapai 12 GB dengan memori penyimpanan 256 GB.

Ada sebanyak 4 fitur screenshot yang dimiliki oleh HP Xiaomi 12 Series, mulai dari Tombol Fisik, Status Bar, Gesture 3 Jari, dan Menu Aksesibilitas.

Cara Screenshot Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro

Tombol Power + Volume Bawah

Pengguna HP Xiaomi 12 ataupun Xiaomi 12 Pro dapat dengan mudah mengambil cuplikan layar hanya dengan menekan tombol power dan juga tombol volume bawah secara berbarengan.

Jadi, cukup buka area yang akan di screenshot kemudian tekan tombol power + volume bawah bersamaan. Segera lepaskan apabila layar ponsel sudah berkedip atau terdengar bunyi rana kamera.

Screenshot Xiaomi 12

Apabila berhasil akan muncul pratinjau screenshot di layar yang akan hilang dengan sendirinya jika dibiarkan. Sementara untuk melihat hasilnya bisa dari notifikasi atau langsung mengunjungi aplikasi Galeri.

Status Bar

Cara screenshot Xiaomi 12 yang kedua ini juga tidak kalah mudah dengan cara yang pertama, para pengguna smartphone Xiaomi 12 Series bisa memanfaatkan fitur Tangkapan Layar yang terdapat di Status Bar.

Fitur tersebut bisa ditemukan dengan cara mengusap bagian atas layar ke bawah, selanjutnya tinggal cari menu Screenshot yang berlogo gunting kemudian klik.

Screenshot Xiaomi Redmi 10 tanpa tombol

Cara Screenshot Xiaomi 12 dengan 3 Jari

Hampir semua smartphone Android saat ini sudah memiliki fitur Screenshot 3 Jari. Termasuk Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro. Akan tetapi, pada Xiaomi 12 Series fitur tersebut tidak bisa langsung digunakan karena harus diaktifkan lebih dulu.

Cara mengaktifkan screenshot 3 jari di Xiaomi 12 Series bisa dilakukan mulai dari masuk ke Pengaturan > Setelan Tambahan > Pintasan Gerakan > Ambil Screenshot > Geser ke Bawah dengan 3 Jari.

Screenshot 3 Jari Redmi 10

Menu Aksesibilitas

Menu Aksesibilitas juga menawarkan kemudahan bagi pengguna Xiaomi 12 untuk mengambil cuplikan layar. Mirip dengan screenshot 3 jari, untuk dapat menggunakan fitur ini pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Pengaturan > Setelan Tambahan > Aksesibilitas > Pintasan Menu Aksesibilitas. Jika diaktifkan, akan muncul tombol Menu Aksesibilitas di layar. Tinggal klik tombol tersebut kemudian pilih Screenshot.

SS Xiaomi Redmi 10

BACA JUGA: 3 Cara Screenshot Samsung A22 dan A22 5G

So, itulah keempat cara yang bisa digunakan untuk mengambil screen capture di HP Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro.

Share.

Leave A Reply