Cara menyembunyikan sorotan IG (Instagram) dari orang tertentu bisa dilakukan oleh semua pengguna. Sehingga jika ada satu atau beberapa akun yang membuat tidak nyaman jika melihat sorotan di akun Instagram-mu, bisa langsung disembunyikan.

Di Instagram, pengguna bisa membuat story yang berupa video, foto, atau tulisan. Nantinya, story tersebut bisa dilihat orang lain dan mereka bisa memberikan respons (like dan komentar).

Biasanya story akan ditayangkan selama 24 jam dan akan hilang secara otomatis setelahnya. Namun menariknya, kita juga bisa membuat story yang dibuat tayang lebih dari 24 jam.

Caranya adalah dengan menggunakan fitur sorotan atau highlight. Tambahkan story yang pernah kamu buat ke sorotan, maka story tersebut akan tampil selamanya dan tidak akan hilang walau sudah lebih dari 24 jam.

Namun bedanya, story tersebut tak lagi muncul di fitur story, tapi di sorotan yang bisa diakses ketika pengguna lain membuka profil akun Instagram-mu.

Karena bisa diakses oleh siapa saja, kita mungkin akan merasa tidak nyaman. Apalagi jika diakses oleh seseorang yang sangat kamu benci, atau si tukang kepo, mantan, dan lainnya.

Nah, tenang saja, pengguna bisa menyembunyikan highlight yang dibuat dari orang tertentu. Bisa ke satu orang atau beberapa orang.

Ada dua metode yang bisa kalian lakukan untuk menyembunyikan highlight Instagram dari orang tertentu. Dan kedua metode itu akan dibahas satu persatu di artikel ini.

Maka dari itu, kalian wajib membaca artikel ini sampai selesai agar memahami cara-caranya. Barulah setelah itu mempraktikkannya sendiri,

Cara Menyembunyikan Sorotan IG

Berikut ini tata cara menyembunyikan sorotan Instagram agar privasimu tetap terjaga dari orang-orang tertentu.

Sembunyikan sorotan dari beberapa orang

Metode pertama yang akan dibahas adalah menyembuyikan sorotan Instagram dari beberapa orang. Untuk menyembunyikan sorotan, sama juga dengan menyembunyikan story Instagram yang baru kita unggah.

Dengan melakukan cara ini, kamu bisa mengatur akun yang tidak bisa melihat Instagram story atau sorotan yang kamu buat. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama-tama, buka aplikasi Instagram yang terinstall di HP dan login ke akun Instagram-mu.
  • Setelah itu, masuk ke profil akun Instagram kamu.
  • Klik icon garis tiga di pojok kanan atas > klik Pengaturan > pilih Privasi.

Cara Menyembunyikan Sorotan IG dari Orang Tertentu

  • Scroll ke bawah dan klik opsi Cerita.

Cara Sembunyikan Sorotan Cerita IG

  • Nah, di menu Cerita silakan klik menu Sembunyikan Cerita dari.

Sembunyikan Cerita IG dari Orang Tertentu

  • Kemudian, cari dan pilih akun Instagram yang tidak kamu izinkan untuk melihat Instagram story dan sorotan di akun Instagram kamu.

Cara Menyembunyikan Sorotan di IG

  • Di sini kamu bisa memilih satu atau beberapa akun yang tidak diizinkan melihat sorotan yang kamu buat. Selesai!

Sebagai catatan, jika ingin mengizinkan lagi akun tersebut melihat sorotan cerita di akun Instagrm-mu, lakukan langkah-langkah yang sama dan hapus tanda centangnya.

BACA JUGA: Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi di HP dan Laptop

Privat akun

Cara menyembunyikan sorotan IG berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunci akun Instagram-mu. Jika ingin menggunakan metode ini, maka akun yang tidak diizinkan melihat sorotan harus bukan follower.

Kamu bisa menghapus akun tersebut terlebih dahulu dari daftar follower. Dengan begitu, dia tidak bisa lagi mengakses profil akunmu termasuk juga sorotan yang kamu buat.

Cara privat akun Instagram sudah pernah kita jelaskan di pembahasan sebelumnya. Namun untuk mempermudah, kami akan membahas ulang untuk kalian.

Untuk langkah awalnya sama seperti metode pertama, yakni membuka menu Pengaturan di Instagram lalu menuju opsi menu Privasi.

Terakhir, aktifkan toggle Akun privat untuk mengunci akun Instagram kamu. Sehingga, akun yang bukan followers atau pengikut tidak bisa melihat story, postingan, hingga sorotan yang kamu buat.

Cara Privat Akun Instagram

BACA JUGA: Cara Agar Reels Tidak Muncul di Feed Instagram, Yang Belum dan Sudah Diunggah

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara menyembunyikan sorotan IG dari orang tertentu atau dari akun yang bukan followers. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply