Layar smartphone Realme yang kamu gunakan rusak seperti tidak bisa disentuh? Hal tersebut tentunya akan membuat pengoperasikan HP jadi terganggu, untuk itu kamu harus mengetahui cara mengatasi layar HP Realme yang tidak bisa disentuh.

Layar HP macet, rusak, ataupun tidak bisa disentuh tentunya akan mengganggu proses pengoperasian aplikasi apapun yang terinstall di smartphone tersebut.

Rusaknya touchscreen atau layar sentuh HP memang hal biasa dan bisa saja terjadi pada smartphone jenis apapun.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan layar HP Realme ini tidak bisa disentuh, seperti tidak sengaja terjatuh, terkena air, tercebur, hingga tertimpa benda yang berat.

Nah, jika kamu mengalami hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya sebelum membawanya ke tukang service, berikut diantaranya.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Double Tap To Wake HP Realme

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

1. Restart Smartphone

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan restart HP atau memuat ulang HP Realme tersebut. Cara ini bisa mengembalikan proses yang berjalan di sistem kembali ke sedia kala, karena bisa saja layar HP yang tidak bisa disentuh disebabkan oleh adanya kendala pada sistem operasi ponsel tersebut.

Ini dia langkah-langkah umum untuk melakukan restart HP pada smartphone Realme:

  • Pertama-tama, tahan tombol power di HP Realme selama beberapa detik sampai muncul pop-up.
  • Selanjutnya, pilih opsi Restart.
  • Tunggu sampai proses restart pada HP tersebut selesai.
  • Jika sudah, coba operasikan HP kembali.

2. Safe Mode

Cara mengatasi HP Realme tidak bisa disentuh selanjutnya dengan menggunakan safe mode. Karena tidak menutup kemungkinan, layar HP yang kamu gunakan kadang-kadang tidak beroperasi dengan normal.

Jika kondisi ini terjadi, kamu bisa melakukan restart dengan Safe Mode. Mode ini memungkinkan perangkat tersebut berjalan dengan sistem bawaan.

Jadi, aplikasi dan layanan yang ada pada HP tersebut, akan dihapus. Cara ini dapat dilakukan jika penyebab layar HP tidak bisa disentuh yaitu disebabkan dari aplikasi yang baru diunduh pemiliknya.

Karena bisa saja, aplikasi tersebut memuat malware berbahaya atau tidak terinstall sempurna. Jika kamu ingin mencoba menggunakan mode ini, kamu bisa coba langkah-langkah berikut:

  • Tekan dan tahan tombol  (Power) selama beberapa detik.
  • Pilih opsi “Power Off”.
  • Saat smartphone tersebut sudah dalam keadaan mati, tekan kembali tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.

3. Diagnosis Layar

Saat ini ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kamu untuk mengetahui mengapa layar smartphone tidak bisa disentuh atau tidak bisa beroperasi dengan baik, salah satunya yaitu aplikasi Display Tester.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mendiagnosis tingkat responsif layar HP kamu secara manual.

Untuk mendapatkan aplikasi ini kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Download dan pasang aplikasi Display Tester di Google Play Store atau App Store.
  • Jika sudah buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi tersebut pilih opsi “Tests” > Touchscreen. Kamu bisa menyentuh seluruh bagian layar smartphone Realme yang kamu gunakan secara menyeluruh.
  • Apabila angka indikator tidak mencapai 100%, kemungkinan besar terdapat kerusakan pada layar HP tersebut.

4. Copot Lapisan Anti-Gores

Lapisan anti gores atau screen protector pada umumnya digunakan untuk melindungi layar HP agar terhindar dari berbagai goresan dan gesekan benda.

Tapi pada beberapa kasus, screen protector ini bisa mengurangi, bahkan menghalangi sentuhan yang kamu lakukan pada layar HP, hal tersebut biasanya terjadi karena tempered glass yang kamu gunakan memiliki kualitas buruk atau tidak sesuai dengan spesifikasi.

Jika layar smartphone bermasalh dan tidak bisa disentuh, mungkin kamu bisa mengganti atau melepasnya.

5. Keringkan Smartphone bila Terendam Air

HP kamu jatuh kedalam air dan touchscreen langsung tidak bisa disentuh? Kamu bisa coba mengeringkannya terlebih dahulu dengan menggunakan kain bersih atau anduk, lalu taruh HP tersebut pada beras atau silica gel dalam kemasan yang memiliki sifat menyerap air.

Cara ini diklaim sangat ampuh dilakukan dan bisa menolong penggunanya, tapi kamu jangan berharap lebih, karena beras tidak bisa menyerap semua kelembaban yang bersembunyi di sela-sela HP tersebut.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi Paling Ampuh

Demikianlah cara mengatasi layar HP Realme tidak bisa disemntuh yang paling ampuh untuk dilakukan. Jika cara diatas gagal kamu lakukan, kamu bisa membawanya ke tukang service HP untuk memperbaikinya.

Share.

Leave A Reply