Cara menampilkan penggunaan data di Xiaomi MIUI 12.5 dan 13 sangat berbeda dengan versi MIUI sebelumnya. Sehingga hal ini mungkin membuat Mi Fans yang baru update MIUI cukup kesulitan dan kebingungan.

Pengguna Xiaomi ingin memunculkan penggunaan data di ponselnya tentu memiliki alasam tersendiri, dan alasan utamanya tentu ingin mengetahui seberapa banyak jumlah pemakaian kuota internet dalam satu hari dan satu bulan.

Dengan mengetahuinya, pengguna pun bisa segera menyetop pemakaiannya ketika sudah melampaui target yang ditentukan oleh diri sendiri.

Penggunaan data harian di HP Xiaomi bisa dilihat ketika bar status ditarik ke bawah. Penggunaan data pun harian dan bulanan pun akan terlihat secara rinci.

Untuk mengaktikfan tampilan penggunaan data di Xiaomi MIUI 11 ke bawah, pengguna bisa melakukannya dengan masuk ke menu Setelan.

Lalu, pilih Kartu Sim & jaringan, klik Atur penggunaan data, lalu aktifkan toggle Penggunaan data. Namun pada Xiaomi MIUI 12.5 ke atas, ada beberapa hal yang berubah.

Pengguna tidak akan menemukan opsi untuk menampilkan penggunaan data di menu Kartu SIM & jaringan seluler.

Untuk itu, bagi pengguna yang kerap bermain ponsel untuk nge-game, browsing, scroll aplikasi media sosial, dan lainnya menggunakan kuota internet, wajib mengetahui cara menampilkan penggunaan data di Xiaomi MIUI 12.5 dan 13.

Meski fiturnya tidak tersedia di menu Kartu SIM dan jaringan seluler, kita bisa menemukan fitur tersebut di menu lainnya.

Kita juga tak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Penasaran? Jika iya, wajib banget menyimak pembahasannya sampai selesai.

Cara Menampilkan Penggunaan Data di Xiaomi

Langsung saja, berikut ini tutorial cara menampilkan pemakaian data di HP Xiaomi yang bisa dipraktikkan dengan mudah.

Ubah gaya pusat kontrol

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah gaya pusat kontrol terlebih dahulu. Karena ketika menggunakan gaya pusat kontrol versi baru, kamu tidak akan menemukan opsi untuk menampilkan penggunaan data di Xiaomi.

Silakan masuk ke menu Setelan > klik Notifikasi & Pusat kontrol > klik Gaya Pusat kontrol > klik Versi lama. Tunggu beberapa saat dan gaya pusat kontrol berhasil diubah.

Cara Mengubah Gaya Pusat Kontrol

Atau bisa juga dengan langsung menarik bilah notifikasi dan mengklik icon pengaturannya untuk menuju pengaturan Notifikasi dan Pusat kontrol.

Buka aplikasi Keamanan Xiaomi

Jika pada MIUI versi sebelumnya harus masuk ke menu Setelan, berbeda dengan MIUI 12.5 dan 13 yang mengharuskanmu masuk ke aplikasi Keamanan.

Keamanan

Setelah berada di aplikasi Keamanan, kamu akan menemukan berbagai opsi menu. Tapi karena akan menampilkan pemakaian data, maka yang harus diklik adalah opsi menu Penggunaan data.

Cara Menampilkan Penggunaan Data di HP Xiaomi

BACA JUGA: 3 Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi yang Tidak Penting di Xiaomi

Masuk ke menu pengaturan (icon gerigi)

Di menu Penggunaan data, akan tampil jumlah penggunaan data yang kamu gunakan harian dan bulanan.  Langkah selanjutnya adalah silakan klik icon gerigi di pojok kanan atas untuk membuat menu Pengaturan.

Pengaturan Penggunaan Data

Nah, kita sudah hampir sampai ke langkah terakhir. Silakan scroll ke bawah dan lihat di bagian opsi menu Setelan Tambahan.

Aktifkan penggunaan data

Di menu Setelan tambahan, silakan aktifkan toggle Notifikasi penggunaan data.

Aktikan Notifikasi Penggunaan Data

Dan notifikasi penggunaan data pun akan tampil di status bar.

Tampilan Data Diaktikfan

Jika diperlukan, aktifkan pula toggle notifikasi Tampilkan kecepatan jaringan untuk menampilkan kecepatan jaringan internet di HP kamu.

BACA JUGA: Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi dengan Tombol dan Lewat Pengaturan

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara menampilkan penggunaan data di HP Xiaomi MIUI 12.5 dan 13 yang bisa dilakukan dengan mudah. Kamu pun tak perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply