Cara menonaktifkan notifikasi aplikasi di HP Xiaomi wajib untuk kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa menonaktifkan pemberitahuan aplikasi yang dirasa tidak penting dan cukup mengganggu.

Setelah menonaktifkan notifikasinya, maka kamu tidak akan merasa terganggu lagi. Seperti kita ketahui, notifikasi dapat muncul walau aplikasi tidak dijalankan di layar utama dalam wujud icon di bagian bar pemberitahuan.

Dengan adanya notifikasi, kita pun bisa mengetahui ketika ada pesan, pembaruan aplikasi, panggilan tak terjawab, atau konten-konten tertentu.

Fitur notifikasi kerap digunakan pada aplikasi pesan, chatting, game, YouTube, Mi Video, email, Facebook, Instagram, aplikasi M Banking, aplikasi e-commerce dan masih banyak yang lainnya.

Meski sangat bermanfaat untuk membantu kita mengetahui ketika ada notifikasi dari sebuah aplikasi, namun kemunculannya ternyata membuat beberapa pengguna merasa terganggu.

Apalagi jika notifikasi itu terus-terusan muncul dan ternyata tidak begitu penting. Notifikasi dari sebuah aplikasi kerap ditandai dengan adanya suara nada dering atau hanya getar supaya pengguna bisa mengetahuinya.

Jika merasa terganggu, solusi terbaiknya adalah mematikan notifikasi dari aplikasi tertentu yang dirasa tidak penting.

Meski cara mematikan aplikasi di HP Android sangat mudah, namun ternyata masih banyak pengguna yang kebingungan dengan caranya.

Setiap HP Android dilengkapi dengan fitur mengaktifkan sekaligus juga menonaktifkan notifikasi dari aplikasinya. Sehingga pengguna bebas memilih mau mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi tersebut.

Dan khusus pada pembahasan kali ini kami akan membahas tata cara menghilangkan notifikasi aplikasi tidak penting di HP Xiaomi.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi di HP Xiaomi

Sebagai informasi, kami akan membahas tiga tutorial untuk menonaktifkan pemberitahuan dari aplikasi di HP Xiaomi. Silakan simak ketuga tutorialnya, dan setelahnya pilih mau mempraktikkan tutorial yang mana.

Nonaktifkan notifikasi aplikasi di bar notifikasi

Cara pertama yang akan dibahas adalah menonaktifkan notifikasi aplikasi di bar notifikasi. Ketika ada notifikasi dari sebuah aplikasi, baik pesan atau hal lainnya, pasti akan tampil di bar notifikasi.

Ketika kita menyeret bar notifikasi, maka akan muncul deretan notifikasi dari aplikasi yang ada di ponsel, mulai dari aplikasi belanja online, YouTube, Mi Video, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Nah, agar tidak muncul notifikasi di bar, kita bisa menonaktifkannya secara leluasa di menu Setelan. Kamu bisa memilih aplikasi mana yang akan dibiarkan dan dinonaktifkan notifikasinya.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Setelan di HP Xiaomi kamu.
  • Kemudian, klik Notifikasi & Pusat kontrol. Di menu ini kamu bisa mengatur banyak hal yang berkaitan dengan notifikasi dan pusat kontrol.

Notifikasi pusat kontrol

  • Karena akan menonaktifkan notifikasi aplikasi maka klik opsi menu Notifikasi aplikasi.
  • Akan tampil semua aplikasi yang terpasang di HP kamu, silakan nonaktifkan toggle pada aplikasi yang ingin notifikasinya dimatikan.

Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Misalnya di sini kami memilih mematikan notifkasi Gmail, maka geser toggle ke kiri hingga berubah jadi warna abu-abu.

Selesai! Kini setiap ada notifikasi dari Gmail tidak akan muncul di bar notifikasi. Kamu bisa mengetahuinya hanya ketika membuka Gmail saja.

BACA JUGA: Cara Melihat Password WiFi yang Terhubung di HP Xiaomi

Nonaktifkan notifikasi mengambang

Seperti dijelaskan di awal, kami akan membahas tiga cara menonaktifkan notifikasi aplikasi di HP Xiaomi. Dan cara yang kedua adalah menonaktifkan notifikasi mengambang.

  • Untuk langkah awalnya sama seperti pada tutorial pertama, yakni membuka menu Notifikasi & Pusat kontrol.
  • Namun menu selanjutnya yang harus dipilih adalah Notifikasi mengambang.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Mengambang

  • Silakan pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan notifikasinya.

Pilih aplikasi

Setelah ini, aplikasi tersebut akan tetap tampil di bar notifikasi namun tidak ada notifikasi mengambang yang muncul.

Cara menonaktikfan notifikasi aplikasi di layar kunci

Cara menonaktifkan notifikasi aplikasi yang terakhir adalah di layar kunci. Dengan melakukan cara ini, maka tidak akan ada notifikasi yang tampil di layar kunci dari aplikasi tertentu.

Untuk menonaktifkan pemberitahuan aplikasi di layar kunci sama seperti kedua cara di atas, namun kamu harus memilih menu Layar kunci lalu geser toggle aplikasi yang notifikasinya ingin dimatikan ke arah kiri.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi di Layar Kunci

Semudah itu, dan sekarang tidak akan ada notifikasi dari aplikasi di layar kunci ponsel Xiaomi kamu. Selesai!

BACA JUGA: Cara Menonaktifkan Google Assistant di HP Xiaomi

Itu dia, tiga cara menonaktifkan notifikasi aplikasi di Xiaomi, mulai dari di bar notifikasi, notifikasi mengambang, hingga di layar kunci. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply